Desa Ngampungan Mengadakan Syukur Suro - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 04 Agustus 2023

Desa Ngampungan Mengadakan Syukur Suro


Jombang, Metro Jatim;

Pemerintah Desa Ngampungan Kecamatan. bareng Kabupaten Jombang mengadakan tradisi kirab sukur suro pada Kamis 03/08/2023 yang bertepatan dengan hari baik dan sakral menurut kalender jawa yaitu 15 muharram.


Tradisi bersih Desa ini sebagai acara adat memiliki makna spiritual dibaliknya. Untuk mengucapkan sukur kepada tuhan  atas hasil panen yang di dapat. Sekaligus untuk melestarikan tradisi nguri nguri budaya jawa.


Iring iringan kirab di berangkat dari depan SD ngampungan dan di ikuti oleh seluruh masyarakat yang mengikuti kirab tersebut. Mulai dari jajaran kepala Desa Ngampungan, perangkat desa warga RT/ RW tokoh masyarakat, serta tarang taruna. Semua peserta berjalan menuju wisata Pandansili sambil membawa gunungan sesaji berupa nasi tumpeng dan hasil bumi. Dengan di ikuti musik gamelan serta kesenian kuda lumping menambah semarak kirab suro tahun ini.


Acara kirab sukur suro ini dihadiri usman Camat Bareng, Kopolsek Bareng, Danramil tokoh agama dan masyarakat Ngampungan.


Sistem keuangan fisik yang akan di launching malam ini. Kami sangat terima kasih kepada tim percepatan akses keuangan daerah. Dimana peran serta OJK jajaran dan peran serta lembaga dan keuangan yang ada di kabupaten jombang ini sangat berarti bagi kami pemerintah Desa ngampungan yang sedang merintis wisata Pandansili kami mengucapkan terima kasih.


Dalam sambutanya kepala Desa ngampungan Rohan mengucapkan terimakasih kepada masyarakat desa ngampungan atas partisipasi dan kepeduliannya dalam memeriahkan acara kirab hari ini 15 muharram. Mudah mudahan keberadaan Sumber Pandansili ini bisa menjadikan nilai lebih bagi Desa ngampungan. Karena ini merupakan aset potensi kekayaan desa ngampungan untuk melestarikan sumber daya air. (sudar)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini