Optimalkan Peran Kepemudaan di Karang Taruna, Pemerintah Kabupaten Ngawi Gelar Temu dan Bimbingan Teknis - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 05 Agustus 2023

Optimalkan Peran Kepemudaan di Karang Taruna, Pemerintah Kabupaten Ngawi Gelar Temu dan Bimbingan Teknis




Metro Jatim, Ngawi •  Pemerintah Kabupaten Ngawi mengadakan Temu dan Bimbingan Teknis Karang Taruna se Kabupaten Ngawi di Kurnia Convention Hall Ngawi, dalam upaya memaksimalkan peran kepemudaan di setiap wilayah. Senin (03/06/23)


Acara tersebut dihadiri langsung sejumlah narasumber terkemuka, yakni Wakil Bupati Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko, yang didampingi Ketua DPRD Ngawi, Heru Kusnindar, Kepala Dinas Sosial, Budi Santoso, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabul Tunggul Winarno, Camat se Kabupaten Ngawi, serta Ketua Karang Taruna Ngawi, Reza Al Hafid, bersama para Ketua Karang Taruna dari Desa-desa di Kabupaten Ngawi.


Reza dalam kesempatan tersebut "Peran Karang Taruna harus menjadi penggerak roda Pemerintah Desa dan penggerak generasi pemuda desa dalam menjalankan program pemerintah daerah mapun Pusat,"   ia juga menyampaikan pentingnya peran strategis Karang Taruna dan kebutuhan untuk tetap eksis melalui inovasi, kolaborasi, dan sinergi bersama Pemerintah Desa hingga tingkat pusat. ujarnya.


Lebih lanjut, Reza berharap Karang Taruna juga ikut berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan dan menjadi bagian dari penggerak kesejahteraan masyarakat. "Karang Taruna harus berperan aktif lebih dari sekadar pelaksana acara kegiatan kebudayaan lokal. Di tingkat desa, Karang Taruna juga harus menjadi ujung tombak dalam mendukung keberhasilan program Pemerintah pusat," tambahnya.


Wabup Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko, juga menyoroti tiga hal yang harus menjadi penekanan dalam kelembagaan Karang Taruna. Pertama, Karang Taruna diharapkan menjadi wadah kreativitas dan inovasi untuk mengemas potensi di wilayahnya. Selanjutnya, organisasi tersebut harus meningkatkan produktivitas dan kemampuan berwirausaha. Terakhir, Karang Taruna diharapkan memiliki karakter yang kuat, dengan jiwa kebanggaan terhadap wilayah atau desanya, serta berperan aktif dalam melestarikan warisan budaya leluhur.


Selain acara utama, kegiatan ini juga mencakup Bimbingan Teknis tentang optimalisasi peran media sosial, yang diikuti oleh para Ketua Karang Taruna dari seluruh Kabupaten Ngawi. Semoga acara ini dapat membawa dampak positif bagi pengembangan dan pemberdayaan Karang Taruna serta mendorong kontribusi aktif mereka dalam pembangunan masyarakat dan pengentasan kemiskinan di wilayah Kabupaten Ngawi. (av)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini