Fasilitasi Pemudik Lebaran Pj Bupati Jombang Resmikan "Kampung Jujugan" - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 16 April 2024

Fasilitasi Pemudik Lebaran Pj Bupati Jombang Resmikan "Kampung Jujugan"


Jombang, Metro Jatim;

Pj Bupati Sugiat S.Sos., M.Psi. T., resmi membuka “Kampung Jujugan” yang berlokasi di Pasar Ngrawan, Kecamatan Tembelang, pada Jumat (5/4/2024) sore. 


Dibukanya Kampung Jujugan bertujuan memfasilitasi pemudik pada arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H mulai dari Jumat, 5 April 2024 hingga Senin, 15 April 2024.  


Lokasi Kampung Jujugan cukup strategis dengan area yang lumayan luas. Adapun lokasinya dekat dengan jalan utama bagi pemudik dari luar atau ke dalam Jombang. “Lokasinya sangat strategis karena letaknya dekat exit tol Tembelang. Sudah ada kios-kiosnya, fasilitas sudah disediakan semuanya, dan cukup bagus,” papar Pj Bupati Sugiat.


Istilah Kampung Jujugan menurut Pj Bupati adalah tempat jujugan. “Jujugan tempat pertama kita mau menuju ke satu tempat. Ini tujuannya adalah memberikan kemudahan bagi masyarakat yang sedang melaksanakan mudik dan juga nanti arus balik, agar  paling tidak bisa beristirahat sejenak sambil menikmati fasilitas yang telah disediakan di lokasi ini,” jelas Pj Bupati Sugiat. 


Tujuan utama dari pembukaan area ini selain memfasilitasi pemudik untuk beristirahat, juga untuk menaikan omzet bagi pelaku usaha yang berjualan di area Kampung Jujugan. Melalui Kampung Jujugan, diharapkan dapat memberikan wadah bagi para pelaku usaha lokal untuk menawarkan produk-produk unggulan mereka kepada para pemudik dan masyarakat setempat. 


Kampung Jujugan ini merupakan dukungan nyata Pemerintah Kabupaten Jombang kepada para pelaku usaha lokal agar dapat terus berkembang dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi daerah.


Beberapa usaha kuliner dan produk lokal telah mendaftarkan standnya di Kampung Jujugan. Terdapat 40 lapak yang diisi oleh 15 Desa di wilayah Kecamatan Tembelang, 2 pelaku usaha Asosiasi Sego Kikil, 20 asosiasi dari Kabupaten Jombang, dan 3 pelaku usaha makanan minuman dan kerajinan; terdapat 8 lesehan di sebelah utara yang diisi oleh pecel tumpang tindih, sate bakso, rujak gobet, rujak petis, gado-gado dan lesehan sebelah selatan terisi oleh lodeh kikil, lodeh, rawon, penyetan.


Kampung Jujugan ini dulunya adalah pusat oleh-oleh Pasar Ngrawan Desa Pesantren Kecamatan Tembelang. Aset Pemerintah Kabupaten Jombang ini kemudian dikembangkan dengan menyediakan banyak fasilitas yang bisa dinikmati pemudik. 


“Kampung jujukan di Pasar Ngrawan ini, sudah dilengkapi kamar mandi, mushola, ada bengkel, ada tempat potong rambut, dan tempat pijit, siapapun yang sudah berkunjung kesini bisa menceritakan kepada keluarga, sanak saudara, dan teman temannya, biar juga njujug disini” pungkas Pj Bupati Sugiat. 


Keberadaan Kampung Jujugan selain diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi destinasi wisata Kabupaten Jombang, juga membantu mempertahankan keberlangsungan usaha mereka, menciptakan lapangan kerja, dan memperkuat ekonomi masyarakat secara keseluruhan. (Kfo/hsn)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini