Sebanyak 64 CJH Ikuti Bimbingan Manasik Haji - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 29 April 2024

Sebanyak 64 CJH Ikuti Bimbingan Manasik Haji



Sumenep, Metro Jatim;

Sebanyak 64 Calon jemaah Haji Kecamatan Ganding dan Kecamatan Guluk Guluk Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang tergabung di Kelompok lV sedang melaksanakan kegiatan bimbingan manasik haji bagi 64 calon jemaah haji asal Kecamatan Ganding dan Kecamatan Guluk Guluk pada hari Senin (29/04/2024) mengikuti manasik Haji. Manasik Haji menjadi ajang untuk memberikan pembekalan dan simulasi bagi jemaah saat melaksanakan ibadah haji. Saat ini masuk tahapan manasik sejak 29 April sampai 4 Mei di tingkat kecamatan. Selasa (29/04/2024).


Fudholi selaku Ketua panitia manasik haji Kecamatan Ganding dan Kecamatan Guluk Guluk menyampaikan, bahwa bimbingan manasik digelar untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan bagi jemaah haji reguler. Selain itu juga diharapkan dengan adanya bimbingan manasik haji, para jemaah nantinya mampu secara mandiri melaksanakan kegiatan ibadah di tanah suci.


"Manasik sebagai pembekalan persiapan sebelum berangkat, apa yang akan dilakukan mulai di asrama haji dan saat berada di tanah suci. Ibadah sunnah dan wajib nanti apa saja," jelasnya.


Fudholi juga menjelaskan, jumlah jemaah haji di dua kecamatan yaitu Kecamatan Ganding dan Guluk Guluk tahun 2024 semuanya berjumlah 64 Jemaah.


Fudholi menyampaikan, terkait hak-hak jemaah yang didapatkan baik di tanah air maupun di tanah suci di antaranya mendapatkan bimbingan manasik haji, akomodasi, transportasi, konsumsi, serta berbagai perlengkapan haji. Selain itu yang tidak kalah pentingnya, terdapat petugas haji yang siap melayani jemaah baik saat masih di tanah air hingga di tanah suci.


"Para jemaah akan didampingi oleh petugas selama menjalankan ibadah haji mulai dari ketua kloter, pembimbing ibadah, pemantau haji daerah serta tenaga kesehatan berupa dokter dan perawat yang siap melayani jemaah 24 jam," tuturnya. (Aisyah)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini