SAMBUTAN BUPATI JOMBANG PADA ACARA PENCANANGAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT (BBGRM) TAHUN 2024 DI KABUPATEN JOMBANG - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 23 Mei 2024

SAMBUTAN BUPATI JOMBANG PADA ACARA PENCANANGAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT (BBGRM) TAHUN 2024 DI KABUPATEN JOMBANG


Jombang, Metro Jatim; 

Bertempat di Balai Desa Wangkalkepuh Kec. Gudo telah dilaksanakan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2024 di Kabupaten Jombang pada hari Selasa tanggal 30 April 2024. Acara tersebut dihadiri oleh Pj. Bupati Jombang, Sugiat, S.Sos., M.Psi.T., Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, staf ahli, asisten, dan seluruh kepala perangkat daerah lingkup pemerintah Kabupaten Jombang,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jombang, Camat Se-kabupaten Jombang, Kepala Desa se-Kecamatan Gudo, TP. PKK Kecamatan Gudo, tenaga ahli pemberdayaan masyarakat, perwakilan dari desa pemenang lomba  tokoh agama dan tokoh masyarakat desa setempat, serta para undangan.


Pencanangan peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XXI di Kabupaten Jombang tahun 2024 ini dilaksanakan dengan dasar undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, dan juga permendagri nomor 42 tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat.


Kegiatan ini dimaksudkan untuk melestarikan kebiasaan mulia dalam masyarakat kita, seperti saling terbuka, saling mendukung, dan saling membantu antara sesama, yang diwujudkan melalui kegiatan gotong royong dalam berbagai bidang pembangunan. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan BBGRM ini untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan dalam penguatan integritas sosial melalui kegiatan gotong-royong untuk mencapai masyarakat adil dan makmur menuju keluarga sehat sejahtera.


Sedangkan menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jombang, Sholahuddin Hadi Sucipto, S.STP., MSI., sasaran BBGRM ke-XXI tahun 2024 adalah masyarakat desa dan kelurahan se Kabupaten Jombang dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan serta peran aktif masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan dengan meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggungjawab terhadap hasil-hasil pembangunan di Kabupaten Jombang.


”Dalam rangka kesinambungan pelaksanaan gotong royong masyarakat telah dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain berupa kegiatan susuk wangan saluran irigasi yang dilaksanakan tadi pagi, sebelum acara ini dimulai di Dusun Wangkal, Desa Wangkal Kepuh dengan jumlah ± 40 orang dan kegiatan lomba gotong royong terbaik tingkat Kabupaten Jombang tahun 2024 yang menghasilkan 3 (tiga) desa terbaik sebagaimana telah ditetapkan dalam surat keputusan bupati jombang nomor 188.4.45/122/415.10.1.3/2024 tentang pemenang lomba gotong royong terbaik Kabupaten Jombang,” jelas Kadin.


3 (tiga) kategori pemenang lomba gotong royong desa terbaik tersebut adalah:

• Terbaik I : Desa Wangkal Kepuh Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang

• Terbaik II : Desa Sumbergondang Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang

• Terbaik III : Desa Made Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang


Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat memberikan makna sebagai suatu nilai, norma dan tradisi yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat dan menjadi bagian dari sistem nilai budaya bangsa.  Pj. Bupati mengatakan, ”Budaya gotong royong yang semula menjadi sikap hidup bangsa indonesia kini telah mengalami banyak gempuran dari nilai individualisme, liberalisme, maupun pengaruh materialisme sebagai dampak dari pengelolaan pembangunan yang bercorak kapitalistik,” tutur Pj. Bupati Sugiat.



”Untuk itu, mari kita perkuat kembali semangat kegotong royongan serta keswadayaan yang berbasis pada nilai-nilai budaya lokal. Contohnya seperti kerja bhakti sosial membangun/memperbaiki jalan desa, membersihkan saluran irigasi desa (susuk wangan) dan sarana prasarana lainnya, serta menghidupkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling). Hal ini diharapkan dapat membuat masyarakat kita hidup rukun dan damai dalam mengisi pembangunan dengan suasana kekeluargaan,” ajak Sugiat.


Dengan selesainya sambutan dari Pj. Bupati, secara resmi pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2024 di kabupaten jombang secara resmi dinyatakan dibuka. (Hsn)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini