Pemkab Ngawi Kembali Menggelar Orek-Orek Art & Culture Festival 2018 di Benteng Van De Bosch - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Minggu, 15 Juli 2018

Pemkab Ngawi Kembali Menggelar Orek-Orek Art & Culture Festival 2018 di Benteng Van De Bosch


Ngawi, Metro Jatim;
Pemerintah Daerah Kab Ngawi (Pemkab Ngawi)Melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah raga (Disparpora) selaku leading sektornya gembali mengelar seni tari asal Bumi Orek-orek ngawi atau lebih dikenal Benteng Pendem gelar budaya yang bertajuk pagelar seni tari orek-orek kembali ditampilkan melalui cirri khas keaslian yang di miliki masyarakat ngawi,festifal yang digelar oleh disparpora di Benteng Van Den Bosch atau lebih dikenal Benteng Pendem selama dua hari (14-15 Juli 2018).yang merupakan tempat wisata peninggalan jaman belanda yang sudah berusia ratusan tahun silam mampu menyedot perhatian masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia. 


Pagelaran seni seni orek-orek dengan menggunakan tata ruang out door di lokasi wisata   Benteng Van Den Bosch merupakan rangkaian hari jadi Kabupaten Ngawi ke 660. Dengan tampilan super kolosal ini secara resmi dibuka langsung oleh Budi Sulistyono selaku Bupati Ngawi, didampingi Wakil Bupati Ony Anwar dan Dwi Rianto Jatmiko Ketua DPRD Ngawi. Budi Sulistyono sapaan akrab Kanang, dalam ketepatan acara ini digelar salah satunya ingin menumbuhkan atau memperkenalkan kembali seni budaya orek-orek asal Ngawi ini lebih luas hingga ke berbagai daerah. 


“Acara malam ini tidak lepas HUT Kabupaten Ngawi ke 660. Akan tetapi kita ingin terus mencoba mengeksplorasi budaya khas yang dimiliki Ngawi ini diperkenalkan ke publik. Sehingga jangan sampai seni budaya yang kita miliki itu terkikis di era millennial ini,” terang Kanang. Lebih lanjut Kanang juga membeberkan: "dengan hadirnya penampilan beberapa karya seni budaya asli yang dimiliki masyarakat Ngawi, salah satunya Tari Orek-orek dan juga berbagai tempat wisata yang ada di Kabupaten Ngawi. Sebenarnya semua ceritera ini secara langsung untuk memperkenalkan seni budaya Ngawi agar generasi penerus khususnya anak muda akan tahu tentang sejarah yang dimiliki Kabupaten Ngawi, seperti adanya pertunjukan teater yang menceriterakan sejarah Srigati,” terang Kanang.


Masih pada ketepatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Ngawi mengatakan: "Dengan sengaja menggelar acara ini dengan menampilkan  19 perwakilan seniman dari 19 Kecamatan Ngawi, juga menampilkan berbagai seniman kondang Perfrom penampilan Gondrong Gunarto yang juga kelahiran asal Ngawi Kecamatan Sine, juga bintang tamu Djaduk Ferianto serta iringan orkes Sinten Remen dengan menggandeng musik etnik dan Sruti Respati serta Dewa Bujana. Hal ini bertujuan secara langsung untuk memperkenalkan seni budaya di Ngawi semakin menggiat keberbagai daerah,“ terang Didik Rahmad Purwanto selaku Kadin Disparpora Ngawi. (JM)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini