Bupati Lumajang Tinjau Tanggul Sungai Kaliasem Yang Jebol - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 08 November 2018

Bupati Lumajang Tinjau Tanggul Sungai Kaliasem Yang Jebol


Lumajang, Metro Jatim;
Bupati Lumajang, Cak Thoriq meninjau langsung  tanggul sungai Kaliasem, Dam Gambiran Lumajang. Cak Thoriq mengatakan bahwa pihaknya akan mendahulukan akan mengatasi permasalahan darurat kebencanaannya.


“Kami Pemkab. Lumajang ingin segera mengatasi kebencanaannya dulu, daruratnya dulu, kasihan masyarakat yang sawahnya terkena imbas air yang meluap ke persawahan," ungkapnya di hadapan awak media.


Bupati akan terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam penataan menyeluruh Kaliasem karena hal ini  melintasi di wilayah perkotaan.


“Pemkab akan terus bersinergi dengan provinsi terkait kali asem. Memang harus ada pengelolaan bersama tentang tepiannya,” terangnya.


Bupati Lumajang berharap Pemprov Jawa Timur, bisa melakukan evalusi konstruksi bangunan proyek milik pemerintah. Di kesempatan ini,  Bupati  menyampaikan bahwa di sepanjang tepian Kaliasem harus bersih dari bangunan yang tidak sesuai dengan aturan. Untuk itu, Bupati berharap, pihak yang berwenang kembali mempertimbangkan dampak, sebelum membangun/renovasi.


“Untuk semua bangunan yang ada di sepanjang tepian sungai di wilayah Lumajang, harus dibongkar, apabila melanggar ketentuan. Tindakan tegas harus dilakukan,  sebelum ada lagi musibah yang di sebabkan oleh air sungai,” ujar Cak Thoriq.


BPBD Kabupaten Lumajang, pada Selasa (6/11/2018) telah terjadi peningkatan debit air sungai Kaliasem Lumajang hingga meluap ke lahan pertanian di sekitar persawahan lahan Lumajang. Luapan air sungai Kali Asem juga menggenangi 2 rumah yang masih dalam proses pembangunan. Hal itu disebabkan karena hujan intesitas sedang hingga deras di wilayah Kabupaten Lumajang selama sekitar 12 jam.


Saat ini BPBD dan Dinas PUTR Kabupaten Lumajang sudah melakukan upaya penanganan darurat dengan pemasangan BNPB Line, Terpal, Sak dan Jumbo Bag penahan berisi pasir, serta melakukan pembersihan sampah di sekitar Tanggul Dam Kaliasem.


Di saat  kehadiran Cak Thoriq didampingi Kepala Bappeda, Ir. Nugroho Dwi Atmoko, Kasat Pol PP, Drs. Basuni, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Ir. R. Hadi Prayitno, M.T., Kalaksa BPBD, Ir. Teguh Widjayono, M.M., Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ir. Paiman, Ketua Komisi B DPRD, Solikin, S.H., serta Kabag Humas.(lim)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini