Antisipasi Banjir, Personel Koramil 0821/16 Rowokangkung Bersama Warga Pertinggi Tanggul - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 02 Januari 2019

Antisipasi Banjir, Personel Koramil 0821/16 Rowokangkung Bersama Warga Pertinggi Tanggul


Lumajang, Metro Jatim;

Pasca bencana banjir yang melanda Desa Rowokangkung dan Desa Sidorejo beberapa waktu yang lalu, Personel Koramil 0821/16 Rowokangkung bersama dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat melaksanakan karya bakti dalam upaya mempertinggi tanggul di sepanjang Sungai Jatiroto, yang berada di Area Supiturang, Dusun Wungurejo, Desa Sidorejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Rabu (02/01/2019).

Pada sela pelaksanaan kegiatan, Arif Efendi, S.STP., selaku Camat Rowokangkung mengatakan, pelaksanaan kegiatan peninggian tanggul sungai sangat penting untuk dilakukan, agar  sewaktu-waktu hujan deras debit air tidak sampai menyebabkan terjadinya banjir.

“Mumpung saat ini intensitas hujan rendah dan air Sungai Jatiroto surut, perlu segera dilakukan peninggian tanggul sungai meskipun hanya bersifat sementara dengan menggunakan sak-sak yang berisi tanah. Peninggian tanggul ini akan dilaksanakan selama tiga hari, sampai tanggul benar-benar tinggi,” tuturnya.

Lebih lanjut dirinya juga mengatakan, bahwa kegiatan  ini dilakukan sebagai tindakan antisipasi, apabila intensitas hujan tinggi yang menyebabkan debit air naik, sehingga dapat meminimalisir terjadinya banjir susulan yang dapat meresahkan warga.

Sementara itu Serma Agus Jaenal Ahmad, Bamin Tuud Koramil 0821/16 Rowokangkung mewakili Danramil mengatakan, bahwa sesuai Undang undang TNI Nomor 34 tahun 2004, Operasi Militer Selain Perang (OMSP) salah satunya adalah membantu tugas pemerintah daerah serta membantu menanggulangi bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

“Untuk itu, sebagai anggota TNI yang bertugas di wilayah, Personel Koramil 0821/16 Rowokangkung akan selalu siap membantu pemerintah daerah dan masyarakat untuk meminimalisir terjadinya bencana di wilayah,” tegasnya.


“Kepada seluruh elemen masyarakat dan instansi yang ada, mari kita bersama berupaya serta rapatkan barisan agar tidak sampai terjadi bencana banjir susulan seperti beberapa waktu lalu yang dapat meresahkan masyarakat,” ajak Serma Agus.

Reporter : Abd Halim, S.P.

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini