Bupati Blitar Resmikan Tahapan Pilkades Serentak 2019 - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Minggu, 30 Juni 2019

Bupati Blitar Resmikan Tahapan Pilkades Serentak 2019


Kabupaten Blitar, Metro Jatim;

Bupati Blitar secara resmi membuka tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 Kamis (13/06) pagi. Kegiatan yang dilakukan diruang candi penataran kantor Pemkab Blitar dihadiri seluruh pemangku kepentingan Pilkades serentak 2019.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan Pilkades setentak 2019 untuk turut mensukseskan gelaran Pilkades tersebut, baik panitia Pilkades tingkat Kabupaten Blitar yang terdiri dari berbagai unsur, yaitu Forkopimda, Sekda, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala OPD Kabupaten Blitar terkait serya Camat dan Muspika diwilayah Kabupaten Blitar, maupun lainnya.

"Hari ini secara resmi tahapan Pilkades serentak tahun 2019 saya buka. Semoga  bisa berjalan lancar, demokratis dan menghasilkan pemimpin desa yang berkualitas," ujar Bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menjelaskan, ada empat tahapan yang harus dilalui dalam pelaksanaan Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Blitar, mulai dari persiapan, pencalonan, pemungutan suara serta penetapan.

"Tahapan itu akan dimulai 18 Juni 2019. Kalau pelaksanaan hari H pemungutan suara 15 Oktober 2019, sementara pelantikan kepala desa terpilih pada 13 Desember 2019," jelasnya.

Bupati menambahkan, selama 3 tahun terakhir Pemkab Blitar telah melaksanakan Pilkades serentak secara bergelombang, mulai tahun 2016 sebanyak 21 desa, tahun 2018 sebanyak 31 desa, dan tahun 2019 ini sebanyak 167 desa.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Blitar, Ahmad Husain mengatakan, penyampaian tahapan Pilkades terhadap dari 167 desa dilakukan dua tahap. Diharapkan, pihak yang berkepentingan yang diundang, baik Camat maupun lainnya bisa menggelar kegiatan seperti ini melalui sosialisasi. "Hari ini masih kita undang sabagian, sisanya kita undang besok," imbuhnya. (HMS-tut)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini