Komisi IV DPRD Kab. Mojokerto Lakukan Kunjungan Kerja ke Kantor DPRD Kab. Klaten - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 22 November 2019

Komisi IV DPRD Kab. Mojokerto Lakukan Kunjungan Kerja ke Kantor DPRD Kab. Klaten


Mojokerto, Metro Jatim;

Komisi IV DPRD Kabupaten Mojokerto lakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kantor DPRD Kabupaten Klaten Jawa tengah, (29/10/2019).

Kunjungan tersebut berkaitan dengan Pembahasan Raperda APBD TA. 2020 Bidang Kesehatan dan Keluarga Berencana

Pimpinan Rombongan Komisi IV DPRD Kab. Mojokerto oleh Ketua Komisi IV DPRD Kab. Mojokerto H. Sopi'i,  S.P. Didampingi oleh, Ibu Hj. Evi Kusumawati, S.TP. (Wakil Ketua Komisi IV) dan Bapak Amirudin, S.Pdi, (Sekretaris Komisi IV)

Rombongan Komisi IV, diterima langsung oleh, H. Edy Sasongko, S.H. (Ketua Komisi IV DPRD Kab. Klaten) didampingi Bapak Muh. Mujab, S.H., M.Si (Kabid Penataan dan Administrasi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Klaten) dan Ibu dr. Sri Sundari Indriastuti, M.Kes. (Kabid Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kab. Klaten)

Dalam sambutannya, dr. Sri Sundari menjelaskan bahwa, Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Dinas Kesehatannya telah meluncurkan aplikasi dibidang pelayanan kesehatan bernama "Matur Dokter". Sebagai jawaban atas komitmen dinas kesehatan kabupaten klaten dalam menjawab tantangan masyarakat ditahun 2019 ini untuk disempurnakan pada tahun 2020 melalui APBD TA 2020 mendatang.

Dengan aplikasi itu masyarakat diharapkan bisa lebih mudah mengakses layanan kesehatan kegawatdaruratan.

Ada tujuh fitur menghisasi halaman beranda aplikasi tersebut dan dapat diunduh melalui aplikasi playstore berukuran 3,6 MB pada ponsel pintar berbasis android


Inovasi pelayanan kesehatan dalam satu genggaman ponsel pintar itu dikembangkan Dinkes Klaten sebagai bagian dari program Matur Dokter bahwa Program ini merupakan terobosan pelayanan untuk merespons secara cepat, tepat, dan cermat berbagai keluhan masyarakat berkaitan masalah kesehatan khususnya kegawatdaruratan seperti kecelakaan lalu lintas, kejadian bencana, atau kegawatdaruratan lainnya yang perlu penanganan segera.

Selain aplikasi ponsel pintar, warga masyarakat juga bisa mengakses pelayanan matur dokter melalui calo centre dengan nomor dan WA 082260000910 atau email maturdokter@gmail.com dan pelayanan bisa sukses melalui media sosial seperti instagram, twitter, dan facebook bernama Maturdokterkabklaten.

Sri sundari selaku kepala bidang pelayanan kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan Kab. Klaten menjelaskan bahwa sebelum program itu diluncurkan, Tim dipersiapkan dan dilatih tentang penanganan kegawatdaruratan serta pelayanan prima yang terdiri dari dokter hingga perawat tersebar di 34 puskesmas dan ada 6 operator yang bertugas selama 24 jam dan untuk tingkat puskesmas sudah kami persiapkan masing-masing ada 4 orang terdiri dari petugas medis serta paramedis.

Penggandengan beberapa instansi tersebut untuk mempermudah pelayanan bagi anak yang mengalami masalah kesejahteraan sosial. Semuanya terlibat, jadi ketika ada laporan bisa langsung ditangani dari masing-masing fungsi yg ada di PLKSAI.

Mengingat kompleksitas permasalahan sosial, maka idealnya penanganan dilakukan secara terintegrasi dan terpadu lintas sektor dan lintas pelaku. Dan telah dikomunikasikan untuk memberikan atensi lebih pada APBD TA 2020 mendatang.

Terkait dengan Keluarga Berencana melalui perwakilan dari Dinas Sosial P3A KB Kab. Klaten menjelaskan bahwa Pemkab Klaten membuat layanan kesejahteraan sosial anak integratif (PLKSAI). Layanan itu dimaksudkan untuk penanganan terintegrasi terkait masalah sosial yang terjadi terhadap anak dan keluarga. Tim yang ada di PLKSAI berasal dari berbagai OPD seperti dinas sosial, Bappeda, bagian hukum, dinas pendidikan, dinas kesehatan Gigi, Dispendukcapil, Polres, Kodim, dan beberapa instansi lainnya. (Tris/Adv)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini