Batik Tulis Sumenep Mempunyai Pesona Tersendiri - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 13 Juni 2020

Batik Tulis Sumenep Mempunyai Pesona Tersendiri

Sumenep, Metro Jatim;

Indonesia menurut versi UNESCO, terdapat 5.849 motif batik. Salah satunya ialah di pulau garam julukan lain dari pulau Madura. Khusus Kabupaten Sumenep juga menyumbang salah satu kekayaan motif batik nasional.

Kabupaten Sumenep yang memiliki Corak, Motif dan warna yang memiliki Ciri Khas tersendiri dari Guratan Motif Serta Warnanya memiliki nilai corak tersendiri.

Dari segi warna batik Sumenep dan selain menggunakan lebih dua warna dan minimal tiga warna dalam satu lembar kain batik Sumenep. Selain itu juga memiliki warna khusus.

Motif batik Sumenep yang melukiskan tentang biota lautnya, sehingga yang ada di daerah pesisir lainnya justru sangat jarang sekali mempunyai corak dan motif seperti gambar ikan, kain batik tulis yang dibuat Pengrajin Batik Sumenep itupun tetap ada dengan motif yang berbeda.

Kabupaten Sumenep juga mempunyai corak dan motif dari segi motif Gambar Bunga, Dedaunan, dan Binatang darat yang lebih dominan terhadap gambar dan corak pada Batik Sumenep. Sehingga dari segi tingkat kerumitan pada gambarnya juga sangat menentukan harga batik Sumenep.

Pada Gambar Bunga itu juga cukup sederhana dan apa yang tergambar dari sudut pandang yang Unik dengan Corak dan motif face dari segi  yang dimiliki dengan kerumitannya. Dari segi kerajinan batik Sumenep memang mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan daerah lain.

“Warna dan Corak tersendiri dari pakemnya saja sengaja harus dibatik tulis, lalu motifnya memang aktraktif, sehingga ini yang menjadikan batik Sumenep ini lebih mahal dan di pengrajin batik Sumenep tidak ada sejarahnya ada batik Cap atau Print asli Sumenep”, tandas Pengrajin batik di pekandangan Sumenep.

Dari segi motif dan variasi dan corak keunikannya dalam satu kain banyak yang terdiri dari beberapa motif. Dengan dimulai dari dua hingga tiga motif dalam satu kain. Terkadang membuatnya terlihat ramai akan tetapi kombinasi motif corak dan warna tetap terlihat harmonis, sangat cocok bagi yang memakainya.

Sehingga dari beberapa corak dan motif Favoritnya bergambar Beras Tumpah, Alam Dedaunan, Burung Merak, Motif Burung Garuda Serta Motif Bunga Tulip.

Variasi harga mulai harga terendah 150.000,- hingga jutaan Rupiah sampai puluhan juta.

Sedangkan Batik Cantheng Kuning merupakan Batik pilihan dan unggulan batik kabupaten Sumenep dari segi warna motif beragam dan atraktif. (YAKOEB)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini