Desa Kartoharjo Prioritaskan DD Untuk Drainase & Pavingisasi Jalan - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 02 Juli 2020

Desa Kartoharjo Prioritaskan DD Untuk Drainase & Pavingisasi Jalan


Ngawi, Metro Jatim;

Suwarjono, Kepala Desa Kartoharjo kecamatan Ngawi, beserta jajaranya manfaatkan gelontoran Dana Desa (DD) 2020 memprioritaskan untuk pembangunan saluran drainase dan jalan paving di empat lokasi perdusunan.

Hal tersebut dilakukan sesuai keinginan masyarakat yang tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2020. 

Salah satunya pembangunan saluran drainase di Dusun Bulung RT 03 RW 08, pembuatan saluran Drainase sepanjang 458 meter untuk kanan kiri menelan biaya Rp.260.600.000,- (Dua Ratus Enam Puluh Juta Enam Ratus Ribu Rupiah).

Suwarjono selaku kades kepada awak media menjelaskan, "Alasan kami memilih dua prioritas pembangunan saluran atau drainase dan jalan paving di lingkungan perdusunan merupakan usulan warga masyarakat," ujarnya.

Suwarjono, Kepala Desa Kartoharjo

"Seperti yang dilakukan pembangunan saluran air ditepi jalan dusun Bulung, karena sangat diperlukan, mengingat dilingkungan tersebut minimnya drainase  atau saluran air," terangnya.

Kades Kartoharjo melanjutkan, "Bahkan saluran yang ada dulu sangat sempit serta terjadi pendangkalan ketika musim hujan lebat terjadi luapan air yang cukup besar kondisi saluran yang ada tidak memadai sehingga air meluap kejalan dan kepermukiman warga bahkan ada yang masuk ke rumah, oleh karena itu kami beserta jajaran perangkat desa dengan  menggandeng tokoh masyarakat memprioritaskan pembangunan drainase di lingkungan dusun Bulung dengan menggunakan anggaran DD tahun ini," paparnya.

Lebih lanjut dikatakan Kang War sapaan akrabnya, Dana Desa merupakan bagian dari belanja pemerintah pusat, dalam rangka mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat. "Salah satunya Desa Kartoharjo kecamatan Kabupaten Ngawi ini, arah kebijakan tetap memperhatikan aspek pemerataan dan keadilan," ucapnya.

Kantor Desa Kartoharjo

"Pemerintah pada saat ini tengah gencar mengatasi kesenjangan, salah satunya melalui program Dana Desa, keterlibatan masyarakat dalam pembangunan, diharapkan benar-benar menjadi solusi untuk mengentaskan permasalahan pemerataan bidang pembangunan,  diharapkan tepat sasaran serta dapat dikelola sebaik-baiknya oleh masyarakat desa Kartoharjo sendiri yang akan bisa memberikan dampak kemajuan," tuturnya.

"Sehingga memudahkan masyarakat desa kartoharjo  dalam beraktifitas sehari-hari semakin lancar sehingga perekonomian masyarakat kami akan tambah meningkat," tutup Kades Kartoharjo. (JM)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini