BANJIR MELUAP TANGGUL JEBOL SAWAH TERGENANG PRODUKSI DIPERKIRAKAN GAGAL PANEN - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Minggu, 07 Februari 2021

BANJIR MELUAP TANGGUL JEBOL SAWAH TERGENANG PRODUKSI DIPERKIRAKAN GAGAL PANEN


Ponorogo, Metro Jatim;

Hujan deras kemarin pada hari Rabu, 3 Januari 2021 menyebabkan jebolnya tanggul karena tidak bisa menampung luapan air sehingga tidak bisa menampung genangan air di Desa Bajang Kec. Balong Kab. Ponorogo. Akibatnya  areal tanaman padi di Dusun Taro dan Doplang  seluas  9 hektar  yang sudah berbulir diprediksi produksi menurun dan gagal panen. Bahkan air ada yang  masuk di perumahan penduduk.


Ninik S, Kepala Desa Bajang membenarkan peristiwa itu kepada awak media. Ia menyatakan bahwa embong selatan kreteg Gede yang berada diperbatasan Desa Ngasinan dan Bajang jebol sehingga tidak bisa menampung luapan air tersebut, sehingga menimbulkan genangan air dipemukiman warga hingga halaman ponpes Chasanul Hidayah di Dusun Mantren juga terkena dampaknya.


Embong jebol saat hujan deras hampir terjadi rutine setiap tahun dimusim hujan. Pihak desa tidak bisa berbuat banyak selain mengajak masyarakat kerja bakti menambal embung yang jebol tersebut. 


"Tim BPBD Kab. Ponorogo rencananya akan ada bantuan zak berisi pasir yang digunakan untuk menanggul embong itu," kata Kades Bajang Kec. Balong, Ninik Setyowati S.E.


Diliput oleh:

Journalist 

KP Dhar SN

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini