Wabup Lisdyarita Buka Pelatihan Lanjutan Ecoprint di Sentra Industri Ponorogo - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 07 April 2021

Wabup Lisdyarita Buka Pelatihan Lanjutan Ecoprint di Sentra Industri Ponorogo


Ponorogo, Metro Jatim;


Sejenis membatik atau Ecoprint di Ponorogo terus berkembang, Salah satunya adalah metode Ecoprint menggunakan daun. Sebuah cara membatik yang akan menjadi salah satu solusi membangkitkan UMKM akibat pandemi.


Harapannya, pelatihan ini bisa membuat para peserta pelatihan memiliki keterampilan membuat batik cetak sekaligus memasarkannya secara online.


Hal ini disampaikan Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita saat membuka Pelatihan Lanjutan  Batik Ecoprint Bagi Anggota IKM dan UKM  di Gedung Sentra Industri, Senin 5 April 2021 pukul 10.00 WIB bertempat di Sentra Industri  Ponorogo.


“Jujur, saya ingin di Ponorogo ini memiliki berbagai macam batik. Yang mahal ada, yang terjangkau juga ada. Sehingga batik menjadi bagian dari pariwisata, maka ada pilihan (motif dan harga sebagai cinderamata),” kata Wabup yang akrab disapa Bunda Lisdyarita yang  sangat suka  dengan adanya pelatihan membatik ecoprint kali ini.


Batik ecoprint yang berbahan arsitektur merupakan solusi bagi UMKM sebab bahan bakunya mudah didapat dan harganya murah namun bisa menghasilkan kain batik yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Apalagi saat ini batik ecoprint yang merupakan produk yang ramah lingkungan sangat diminati warga negara-negara maju di kawasan Asia dan Eropa.


“Maka, ayo jadikan ecoprint ini sebagai usaha kecil yang membuahkan hal yang besar. Dulu, di Ponorogo batik itu luar biasa, tapi saat ini menyusut. Dengan pelatihan ini,  batik/ecoprint  bisa booming lagi di Ponorogo,” ungkap Bunda Lisdyarita.


Meyakinkannya, pelatihan tidak akan berhenti pada pemberian keterampilan. Tetapi juga ada pendampingan untuk pemasaran. Pemasaran secara online melalui pasar yang sudah ada di Aplikasi Online yaitu di Jathil Mart asli buatan putra Daerah.

 

Usai membuka Pelatihan Lanjutan Ecoprint, Wakil Bupati LISDYARITA yg di dampingi Kepala Dinas Perdakum  Ponorogo  juga ikut Mendampingi Kepala  UPT sentra Industri Hari Sulistyo Wahyono mengunjungi sentra Gamelan, Batik, Reog dan Kriya. 


Wabup  LISDYARITA di Dampingi Kepala Dinas Perdakum ADDIN ANDANA WARIH saat menyaksikan hasil karya peserta pelatihan batik ecoprint, Gamelan, Reyog, dan Kriya di Gedung Sentra Industri Ponorogo. 

Diliput oleh

KP Dhr SN

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini