Hasil Panen Para Petani Desa Gesikan Menurun Dikarenakan Hama Tikus - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 27 Mei 2021

Hasil Panen Para Petani Desa Gesikan Menurun Dikarenakan Hama Tikus

Solekan menunjukkan hasil panennya yg menurun

Tulungagung, Metro Jatim;

Para petani di Desa Gesikan Kecamatan Pakel Kabupaten Tlungagung mengalami penurunan jumlah hasil panen padi maupun jagung.  Di desa Gesikan Kecamatan Pakel sendiri memang memiliki area persawahan yang luas dan sebagian warganya bekerja sebagai petani.


"Ya memang benar hasil panen para petani disini mengalami kemrosotan dikarenakan hama tikus yang tak kunjung ada obatnya," ucap Solekan selaku warga Desa Gesikan saat diinterview, Kamis (27/5/2021).

Areal persawahan Desa Gesikan


Jumlah tikus yang semakin banyak berada di area persawahan membuat petani kewalahan untuk mengatasinya. Walaupun sudah dilakukan tehnik gropyokan, tikus-tikus tersebut masih juga bandel berada di area persawahan warga.


Hasil panen yang asalnya bisa mencapai sampai 1 ton turun menjadi 5 kwintal. Dengan menurunnya hasil panen tentu membuat para petani resah.

Nur, Kepala Desa Gesikan


"Masalah menurunnya hasil panen para petani Desa Gesikan sudah saya koordinasikan dengan Dinas Pertanian setempat akan tetapi belum menemukan solusinya terkait ini," ucap Nur selaku kepala Desa Gesikan. 


Harapan Solekan selaku warga ialah semoga solusinya tentang permasalahan ini cepat ditemukan agar para petani bisa merasakan hasil panennya tanpa was-was.


Kepala Desa Gesikan juga memiliki harapan yang sama yaitu semoga cepat mendapatkan solusi terkait hama tikus yang sangat meresahkan ini. (Irfan)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini