Berkurangnya Hasil Panen Para Petani di Desa Wonorejo Dikarenakan Hama Tikus - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 25 Juni 2021

Berkurangnya Hasil Panen Para Petani di Desa Wonorejo Dikarenakan Hama Tikus

 


Tulungagung, Metro Jatim;

Para petani di Desa Wonorejo Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung berkurang hasil panennya dan ada pula yang mengalami gagal panen dikarenakan maraknya hama tikus. Kejadian seperti ini tidak hanya dialami oleh para petani di Desa Wonorejo akan tetapi di daerah lain pun juga demikian. 


"Pada tahun 2020 sampai saat ini memang lagi maraknya hama tikus menyerang area persawahan para petani di Desa Wonorejo Kecamatan Pagerwojo dan sampai saat ini belum kita temukan solusinya," ucap Sakur selaku kepala Desa Wonorejo saat di interview pada hari Kamis (24/6/2021).


Kendala hama tikus ini sudah disiasati dengan menggunakan obat dari para petani akan tetapi masih juga bertambah jumlah tikusnya. Langkah yang ditempuh oleh pemerintahan Desa Wonorejo yaitu berusaha bergabung dengan Dinas Pertanian untuk mencari solusi, untuk penanggulangan hama tikus tersebut dan untuk meningkatkan kapasitas panen.

Sakur, Kades Wonorejo

Kekompakan para petani Desa Wonorejo memang sangatlah perlu dan penting sekali guna untuk menunjang semangat mereka bersama. Tetapi tanaman pangan tetap berjalan walaupun masih ada hama tikus di sekitarnya, yaitu padi, jagung, dan ketela.


Desa Wonorejo terdiri dari 4 dusun yaitu Dusun Boro, Jeruk, Suruh, dan Wates. Semua para petaninya juga mengalami kendala yang sama. 


Harapan Sakur selaku kepala Desa Wonorejo semoga segera ada solusinya agar para petani bisa puas menikmati hasil panennya tanpa berkurang hasil panennya. 


"Kendala warga adalah juga kendala saya, kegembiraan warga adalah kegembiraan saya juga, maka itu semoga dinas terkait memberikan solusi  untuk permasalahan ini," harap kepala desa. (Irfan)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini