Pembangunan Drainase Sepanjang 92 M di Lingkungan Dusun Plumpung Desa Glonggong Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun Sudah Rampung Pembangunannya - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 07 Juni 2021

Pembangunan Drainase Sepanjang 92 M di Lingkungan Dusun Plumpung Desa Glonggong Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun Sudah Rampung Pembangunannya


Madiun, Metro Jatim;

Kini warga Dusun Plumpung khususnya warga RT 03 RW 03 tak lagi khawatir bila musim hujan tiba, pasalnya dengan dibangunnya drainase sepanjang 92 meter itu kondisi jalan dan lingkungannya sudah tak tergenang air lagi.


Menurut penuturan ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Suparno mengatakan, "Pembangunan drainase tersebut menyerap biaya Rp 50.983.000,- bersumber dari Dana Desa Tahun 2021 dengan estimasi waktu pengerjaannya 6 minggu. Dikerjakan dengan sistem swakelola artinya mulai dari  tenaga tukang dan kuli menggunakan warga setempat. Apalagi saat ini dampak pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) banyak masyarakat kehilangan mata pencahariannya, dengan demikian adanya pembangunan drainase ini sekaligus dapat menyerap tenaga kerja warga setempat,"  tuturnya.


Diakui oleh Kepala Desa Glonggong, Suwito, bahwa keberadaan pembangunan drainase tersebut sudah mendapat persetujuan dari Forum Musyawarah Desa (Musdes). Ia juga menambahkan, "Karena drainase memiliki peran penting dimana fungsinya menyerap dan mengalirkan air hujan lebih cepat sehingga tidak terjadi genangan air yang dapat merusak konstruksi atau erosi pada badan jalan, selain itu keberadaan drainase tersebut memiliki andil cukup besar untuk mencegah terjadinya banjir yang dapat merusak lingkungan," ungkapnya.


Melihat besarnya fungsi drainase bagi lingkungan maka sebagai Kepala Desa menghimbau dan berharap agar warga masyarakat dengan kesadaran diri dapat menjaga dan merawat setiap drainase yang berada di lingkungannya dengan jalan kerja bakti gotong royong untuk membersihkannya paling tidak satu bulan sekali. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini