Panen Raya Padi di Gresik Bersama Tiga Menteri - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 15 Juli 2021

Panen Raya Padi di Gresik Bersama Tiga Menteri

Mentan Syahrul Yasin Limpo Saat Panen Raya Padi di Gresik


Surabaya, Metro Jatim;

Tiga menteri secara bersama melakukan kunjungan ke Kabupaten Gresik Jawa Timur untuk melakukan panen raya padi tepatnya di Desa Tambakreja, Kecamatan Duduksampean, Kabupaten Gresik, beberapa saat yang lalu.


Ketiga menteri yang datang tersebut yakni, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir.


Dalam kesempatan ini Mentan Syahrul Yasin Limpo mengharapkan kepada semua pihak berkomitmen mendukung peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai.



"Pertanian itu harus dimulai dari hulu hingga hilir," ucapnya.


Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu menyebut, salah satu bentuk kepedulian pemerintah pusat untuk mendukung swasembada pangan diantaranya bantuan benih, bantuan alat mesin pertanian serta sarana dan prasarana lainnya.


Tahun 2021, Kabupaten Gresik menerima bantuan benih padi untuk 2.500 ha dan jagung 1.000 ha.


"Bantunan ini untuk mendukung distribusi dan stabilitas harga pangan pada tahun 2021 ini, "terangnya.


Lebih lanjut, Syahrul mengatakan, sinergi antara Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian BUMN harus terus ditingkatkan. Menurut dia, kolaborasi antar instansi akan menciptakan kebijakan yang tepat guna dan tepat sasaran.

Dia menjelaskan Kementerian Perdagangan berkaitan dengan harga dan Kementerian BUMN akan menyerap hasil panen. Syahrul menekankan pentingnya akselerasi sektor pertanian agar terus dilakukan dari hulu hingga hilir.


Dia juga mendorong pihak perbankan untuk terus menggulirkan dana kredit usaha rakyat (KUR) kepada para petani guna menopang sektor permodalan.


Kedepannya kata dia, Kabupaten Gresik menjadi daerah yang mampu menjadi lokomotif hadirnya ketahanan pangan yang lebih baik.


"Menggulirkan dana di sektor pertanian adalah jaminan yang penting tidak salah managemen seperti tanam jagung seharusnya di tanah tetapi ditanam di aspal. Pasti tidak bisa tumbuhkan, "tegasnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah menyampaikan apresiasi atas kunjungan 3 pejabat negara ke wilayahnya.


Dia menyebut pada tahun 2021 ini telah ditargetkan produksi padi sebesar 412.549 ton, jagung 166.322 ton, dan kedelai 105 ton. 

*(RD)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini