Pembuatan Tugu Garuda Pancasila Muncul Karena Adanya Rasa Nasionalisme yang Tinggi Terhadap NKRI. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 27 Januari 2022

Pembuatan Tugu Garuda Pancasila Muncul Karena Adanya Rasa Nasionalisme yang Tinggi Terhadap NKRI.


Madiun, Metro Jatim;

Pembuatan Tugu Garuda  Pancasila muncul adanya rasa nasionalisme yang tinggi terhadap NKRI.


"Pancasila adalah sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang harus tetap utuh dan terjaga keberadaannya Memang mutlak tidak boleh ditawar-tawar lagi," ujar Agus Subiyanto, S.Pd. Kepala  Desa Klecorejo Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun kepada Awak media Metro Jatim.  


Munculnya ide atau gagasannya telah lama direncanakan dan Alhamdulillah tentang pembuatan Tugu Garuda Pancasila tersebut kini sudah terlaksana dan terwujud karena semua ini tak lepas adanya panggilan jiwa dan eksistensi rasa nasionalisme yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terutama terhadap nilai-nilai luhur butir-butir Pancasila sebagai pandangan hidup, sebagai Falsafah hidup dan sebagai pilar bangsa Indonesia.


Diakuinya, "Tertundanya pembuatan Tugu Pancasila tersebut, karena terkendala masalah pendanaan, namun kini berkat adanya kucuran Dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK), gagasan itu dapat terlaksana pada akhir Tahun 2021 yang baru lalu," tuturnya.

Pelaksanaan pembuatan Tugu Garuda Pancasila setinggi 5 meter dengan kelebaran bentang sayap 4 meter Tugu tersebut menelan anggaran  sebesar Rp 100.000.000,- dikerjakan secara swakelola, artinya mulai dari Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dan tenaga pekerjanya dilakukan oleh  masyarakat dilingkungan Desa Klecorejo sendiri.


Tugu Garuda Pancasila terlihat gagah perkasa dan elok dipandang mata dalam posisi tepat dihalaman taman depan Kantor Kepala Desa Klecorejo. "Ini adalah hal yang sangat membanggakan sebagai hasil karya seni murni yang dibuat dan dikerjakan oleh seniman lokal asli warga masyarakat Desa Klecorejo sendiri, dengan demikian inspirasi ini  dapat dijadikan contoh bagi Jajaran pemdes lain sebagai perekat bangsa,"  ungkapnya.


Harapan Agus Subiyanto, S.Pd. selaku Kepala Desa Klecorejo kepada awak media Metro Jatim, "Dengan adanya Tugu Garuda Pancasila tersebut semoga dapat menginspirasi dan mengedukasi para generasi penerus bangsa, khususnya generasi muda warga masyarakat Desa Klecorejo untuk selalu teringat dan tetap menjaga eksistensi  nilai-nilai falsafah Pancasila bila melihat Tugu Garuda Pancasila tersebut,"  tutupnya. (Ismantono

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini