Pelaksanaan Donor Darah oleh PMI Kabupaten Madiun di Desa Gemarang - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 01 April 2022

Pelaksanaan Donor Darah oleh PMI Kabupaten Madiun di Desa Gemarang


Madiun, Metro Jatim;

Di pendopo Desa Gemarang Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun telah dilaksanakan kegiatan Donor Darah Sukarela (DDS) oleh petugas PMI Kabupaten Madiun dibantu oleh Petugas dari Puskesmas Gemarang, perangkat Desa Gemarang dan bidan desa setempat, Selasa (15/03/2022).


"Kegiatan Donor Darah Sukarela rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali sesuai jadwal yang telah diagendakan," tutur Kordinator rawat inap Puskesmas Gemarang Sumiran kepada awak media yang meliput.

Sesuai target pendonor berjumlah 30 orang, namun setelah dilaksanakan pengecekan sesuai standar indeks kesehatan ternyata hanya 11 orang yang lolos syarat sebagai pendonor, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain tekanan darah tinggi, HB dibawah indeks dan beberapa faktor lainnya.


Kepala Desa Gemarang Tri Wiwik Suryaningsih, S.Sos. termasuk salah satu peserta Rutin Donor Darah Sukarela mengatakan, "Sungguh Donor Darah secara rutin banyak manfaatnya, selain dapat membantu menolong sesama yang membutuhkan darah sehingga bisa menyelamatkan nyawa orang lain namun juga bermanfaat bagi kesehatan seperti kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah (Hipertensi) dan meningkatkan produksi sel darah merah, tidak kalah penting bisa awet muda," tuturnya.


Sebagai bentuk apresiasi kepada pendonor, PMI dan Pemerintah nantinya memberikan piagam penghargaan kepada DDS antara lain, yang telah menyumbangkan darahnya sebanyak 10-25 kali diberikan penghargaan oleh PMI Kabupaten/Kota, bagi yang telah 50-75 kali diberikan penghargaan oleh Gubernur dan PMI Provinsi, sedangkan yang sudah mencapai 100 kali mendapatkan penghargaan Setyalencana Kebaktian Sosial oleh Presiden RI. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini