Penelitian Tanaman Porang di Desa Sidorejo - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 13 Oktober 2022

Penelitian Tanaman Porang di Desa Sidorejo

foto : istimewa


Madiun, Metro Jatim;

Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas PGRI Madiun telah melaksanakan Program Penelitian Penumbuhan Kelompok Mandiri Petani Porang Rimba Dusun Mangirejo Desa Sidorejo Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun, mulai pelaksanaan dari tanggal 18 Pebruari hingga tanggal 29 Agustus 2018.


Sesuai Surat Tugas yang dikeluarkan dan ditanda tangani oleh pihak Direktur Pascasarjana Universitas PGRI Madiun Dr. Muh. Hanif, M.M. M,Pd. Tertanggal 17 Pebruari 2018, menugaskan kepada Dr. Dwi Rohman Soleh, S.S,M,Pd dan Dr. Sigit Ricahyono, S.S,M,Pd serta Mamik Nasuroh untuk melaksanakan tugas sebagai Tim Peneliti Penumbuhan Kelompok Mandiri Petani Porang Rimba di Dusun Mangirejo Desa Sidorejo Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun.



Yang melatar belakangi penelitian tanaman Porang di Dusun Mangirejo Desa Sidorejo, karena minimnya pengetahuan masyarakat tentang tanaman Porang sebagai tanaman yang cocok untuk pangan alternatif, sehingga mendorong para Dosen dan Mahasiswa PGRI Madiun untuk mengembangkan Ilmu yang sudah diteliti dan dipelajari guna membangun kewirausahaan Sosial yang kuat untuk mewujudkan Kemandirian Masyarakat.


Selain dari hal itu menurut Dr. Dwi Rohman Soleh, S. S., M.Pd sebagai ketua Tim peneliti, "Kami ingin memberikan sebuah Inovasi dengan melakukan kegiatan pembinaan, pemberdayaan masyarakat Desa Sidorejo tentang budidaya tanaman Porang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, dengan adanya pengenalan tahapan budidaya tanaman Porang, mulai dengan teori dan praktek pembibitannya sehingga didapatkan wawasan yang lebih tentang tanaman Porang sebagai tanaman pangan alternatif," tuturnya.


"Manfaat bagi masyarakat Desa Sidorejo adanya program ini adalah dapat lebih mengenal tanaman Porang, membentuk kelompok dan Organisasi masyarakat agar bisa menciptakan sebuah kreatifitas dan Inovasi baru sehingga dapat membantu pemerintah dalam mengatasi kasus pangan dan ekonomi Nasional,"  lanjutnya.




Tujuan dari kegiatan program adalah memberikan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan tentang tanaman Porang, tehnik budidayanya serta mengembangkan informasi mengenai pemasaran tanaman Porang.

(Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini