Sosialisasi Potensi Bencana Alam di Desa Kuwik - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 15 Oktober 2022

Sosialisasi Potensi Bencana Alam di Desa Kuwik



Kediri, Metro Jatim;

Muspika Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri menggelar sosialisasi terkait potensi bencana alam, di Desa Kuwik, Kamis siang (13/10/2022). 


Rapat antisipasi penanggulangan bencana alam dihadiri Camat, Kapolsek dan Danramil Kunjang dan diikuti Kepala Desa se Kecamatan Kunjang.


Kapolsek Kunjang Iptu Ashanik mengatakan sosialisasi ini dilaksanakan untuk mendeteksi dini terjadinya potensi bencana alam. 


"Banyak kejadian bencana alam di luar sana seperti tanah longsor, angin puting beliung dan banjir. Termasuk salah satunya di wilayah Tulungagung ada banjir,"kata Iptu Ashanik. 


Iptu Ashanik menyampaikan, di wilayah Kecamatan Kunjang data yang dihimpun pernah terjadi bencana alam angin puting beliung. 


Akibat dari kejadian tersebut ada rumah yang atapnya rusak dan pohon ambruk."Untuk di wilayah Kecamatan Kunjang yang sering terjadi bencana alam itu angin puting beliung,"ucap Iptu Ashanik. 


Dalam rapat koordinasi penanggulangan bencana alam, lanjut diungkapkan Kapolsek Kunjang, kepada para Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa sering melakukan koordinasi. 


"Disampaikan tadi juga oleh Bapak Camat pendataan warga dan rumah itu penting. Inilah salah bentuk deteksi dini antisipasi kami,"ungkapnya. 


"Selain itu juga kepada Kepala Desa nanti disampaikan kepada warga agar lebih mawas diri. Bila ada bencana alam segera melapor,"imbuhnya.


Kapolsek Kunjang mengimbau kepada Kepala Desa untuk melakukan kerja bakti di desanya masing-masing. Kerja bakti itu untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam. 


"Bila ada ranting pohon yang berpotensi mengenai rumah agar di potong. Selain itu juga kami mengimbau jangan buang sampah di sungai. Karena bisa berpotensi terjadinya banjir. Mengingat saat ini lagi musim hujan,"jelas Iptu Ashanik. (Iman)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini