Seribu Siswa Meriahkan Senam Kampung Pesilat di HUT Guru Nasional Indonesia dan HUT PGRI Ke - 77. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 28 November 2022

Seribu Siswa Meriahkan Senam Kampung Pesilat di HUT Guru Nasional Indonesia dan HUT PGRI Ke - 77.


Madiun, Metro Jatim;

Pemerintah Kabupaten Madiun gelar prosesi Upacara HUT Guru Nasional Indonesia (HGNI) Sekaligus HUT Persatuan Guru Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022 di Lapangan GOR Pangeran Timur Caruban Kabupaten Madiun, Sabtu (26/11/2022).


Pada pelaksanaan prosesi gelar Hari Guru Nasional Indonesia (HGNI) dan sekaligus Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke - 77 Tahun 2022 mengusung tema "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar" selain itu upacara juga diikuti oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI), Guru SD, SMP, serta dari OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Madiun.

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S. Sos., bertindak selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya mengatakan " Ini sebagai momen bagaimana kita menyamakan persepsi lagi setiap tahunnya, mengevaluasi apa yang sudah terlaksana dan nanti kedepannya untuk tetap konsisten memajukan pendidikan di Kabupaten Madiun ini, juga terkait Sumber Daya Manusia (SDM) Guru yang ada di Kabupaten Madiun ini terus dilakukan percepatan antara yang masuk dan yang pensiun untuk menjaga keseimbangan serta secara Intensif melakukan langkah Konsultasi bersama Badan Kepegawaian maupun Menpan RB."  Tuturnya.


Lebih lanjut dalam amanahnya  Bupati Madiun mengatakan, "Sebagai salah satu pilar terpenting namun juga sangat tinggi nilainya dalam membangun Indeks pembangunan manusia adalah dengan konsep Integritas Development Plan (IDP), sebab dengan adanya IDP tersebut secara keseluruhan rencana kerja pemerintah dalam bersinergi dengan lainnya dapat terlaksana dengan baik, sedangkan di Kabupaten Madiun sendiri IDP sudah masuk dalam Indeks Pembangunan Manusia (IDM) yang menjadi tanggung Jawab bersama."  Pungkasnya.


Seperti kita ketahui bersama bahwa Hari Guru Nasional Indonesia telah ditetapkan melalui Kepres Nomor 78 Tahun 1994 tanggal 25 November 1994, dimana penetapan itu sebagai penghormatan kepada profesi Guru, demikian juga dalam Undang-Undang nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.


Sedangkan dalam program Merdeka Belajar sekarang ini Guru juga dikembalikan lagi kebebasannya yang selama ini terkesan hilang dan terbelenggu oleh kurikulum dan kebijakan yang sentralistik dan program ini akan memberikan peluang bagi peserta didik untuk menggali potensi Sumber Daya Manusia (SDM), potensi budaya dan lingkungan yang ada.



Sebagai puncak prosesi gelar HUT Guru Nasional Indonesia dan HUT PGRI ke-77 Tahun 2022 juga diwarnai oleh penampilan atraksi Papermob para Guru yang bertuliskan Selamat Hari Guru Nasional Indonesia, pertunjukan demonstrasi senam kampung pesilat oleh 1000 siswa, penampilan apik dua penyanyi cilik  Deviana dari Siswi SDN 01 Mejayan dan Krisna dari Siswa SDN Kajang dalam melantunkan tembang Ojo dibanding bandingke hingga menggetarkan Stadion Pangeran Timur, penampilan baris berbaris dari Polisi Cilik Polres Madiun yang juga sebagai salah satu peserta terbaik tingkat Polda Jatim dilanjutkan acara penyerahan bantuan perlengkapan sekolah kepada 364 siswa SD, 141 Siswa Program Kesetaraan Paket A, B dan C serta pemberian penghargaan kepada Kepala Sekolah yang Purna tugas periode November sampai Desember Tahun 2022. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini