LAPORAN KEPALA DINAS PMD KABUPATEN JOMBANG GERAKAN PENANAMAN POHON SERENTAK DALAM RANGKA HARI DESA ASRI NUSANTARA - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 24 Maret 2023

LAPORAN KEPALA DINAS PMD KABUPATEN JOMBANG GERAKAN PENANAMAN POHON SERENTAK DALAM RANGKA HARI DESA ASRI NUSANTARA



Jombang, Metro Jatim;

Telah dilaksanakan acara Gerakan Penanaman Pohon Serentak Dalam Rangka Hari Desa Asri Nusantara. Dengan Tema “Desa Menghijaukan Dunia”. Hadir dalam acara tersebut bupati Jombang, asisten pemerintahan dan kesra, ka OPD terkait, adm perum perhutani KPH Jombang, kepala cabang dinas kehutanan wil. Nganjuk, camat di wilayah utara brantas, direktur PT. Cheil Jedang Indonesia, koordinator ta pemberdayaan masyarakat dan jajarannya, kepala desa beserta perangkat Desa Sumbergondang, dan semua tamu undangan.

 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua hadirin yang telah memenuhi undangan kami untuk dapat hadir pada kesempatan ini disertai harapan semoga acara gerakan penanaman pohon serentak dalam rangka hari desa asri nusantara ini, dapat berjalan dengan lancar dan apa yang kita harapkan dari kegiatan ini dapat berjalan dengan baik,” tutur Kepala PMD Kab. Jombang.


Dasar pelaksanaan acara ini adalah surat kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi Republik Indonesia NO. 54 /PDP.02.04 /II/2023 tanggal 3 maret 2023 perihal himbauan gerakan penanaman pohon serentak di desa seluruh Indonesia. Sedang maksud acara ini ialah terwujudnya desa asri di Kabupaten Jombang. Tujuannya sendiri adalah meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perubahan iklim, mewujudkan desa asri yang bersih, hijau dan jauh dari pencemaran lingkungan dan mengurangi risiko bencana di desa.


acara gerakan penanaman pohon serentak dalam rangka hari desa asri nusantara ini diselenggarakan pada hari Senin, 20 maret 2023 bertempat di Waduk Sumbergondang, Desa Sumbergondang Kec. Kabuh


Rangkaian acaranya yaitu kegiatan utama adalah gerakan penanaman pohon minimal 100 bibit pohon di 302 desa se Kabupaten Jombang yang dilaksanakan pada hari ini secara serentak di seluruh desa. Penanaman secara simbolis di tingkat Kabupaten Jombang oleh Ibu Bupati Jombang dan dilaksanakan di Waduk Sumbergondang Desa Sumbergondang Kecamatan Kabuh. Jumlah bibit disediakan, sebanyak 30.600 bibit tanaman, terdiri dari Csr PT. CHEIL JEDANG INDONESIA sebanyak 20.000 bibit tanaman pohon keras, balai pengelolaan daerah aliran sungai dan hutan lindung (BPDASHL) sebanyak 500 bibit pohon, masing-masing desa se kabupaten jombang 10.100 bibit pohon. Dan khusus di lokasi pelaksanaan acara ini akan ditanam pohon sebanyak 1000 bibit terdiri dari tanaman keras dan bibit buah (matoa,kelengkeng dan alpukat). (Hasan)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini