Gelar Karya P5 di Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 04 Mei 2023

Gelar Karya P5 di Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023.


Madiun, Metro Jatim;

Pemerintah Kabupaten Madiun telah menggelar Upacara Bendera tanggal 2 Mei 2023 di Alun-Alun Reksogati Caruban dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan Tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar dan Hari Otonomi Daerah dengan Tema Otonomi Daerah Maju Indonesia Unggul.


Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S. Sos., Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto, SH., M. Ak., Ketua Penggerak PKK Kabupaten Madiun, Hj. Pentalianawati Ahmad Dawami, Wakil Ketua Penggerak PKK Kabupaten Madiun, Hj. Erni Hari Wuryanto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Dra. Siti Zubaidah, M.H., unsur OPD, segenap Kepala Sekolah serta Guru perwakilan wilayah Kabupaten Madiun.


Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S. Sos.,telah membacakan Teks amanah sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Tekhnologi Republik Indonesia, selain dari pada itu, seperti diketahui bersama bahwa pada Tanggal 2 Mei 2023 telah dicanangkan oleh pemerintah sebagai bulan Merdeka Belajar seiring dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, dimana didalamnya akan dilaksanakan beragam aktivitas Siswa Pelajar seperti halnya Panggung Parade Budaya dan Pameran Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).


Dikesempatan yang sama Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S. Sos., Juga telah melantik para Guru Penggerak yang telah lulus seleksi dan mengikuti Pendidikan Guru Penggerak, dimana keberadaan Guru Penggerak diharapkan mampu menjadi pemimpin pembelajaran dan berperan sebagai agen pendorong Transformasi Pendidikan dan membawa perubahan pendidikan yang berkualitas didaerahnya.



"Di hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 ini, kita tetap menyemarakkan Kuri Kulum Merdeka Belajar, hal ini terkait persiapan anak-anak kita nanti dalam menghadapi tantangan kedepan, dimana mereka membutuhkan Karakter serta Pembelajaran yang sifatnya Technical Skill yang akan diberikan  di sekolahan dan sebagai Momentum kebersamaan untuk Mencapai Kemerdekaan Belajar yang menjadi tanggung jawab kita bersama, sedangkan adanya gelar Karya oleh pelajar adalah wujud komitmen para Guru dalam memberikan pengetahuan pada anak-anak sebagai bekal pengetahuan dasar agar tidak lupa," tutur Bupati Madiun kepada awak media yang meliput.


Secara terpisah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Dra. Siti Zubaidah, M. H., Kepada awak media mengatakan, "Gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini adalah sebagai Momentum penting untuk meningkatkan mutu Pendidikan diKabupaten Madiun yang berbasis pada Kuri Kulum Merdeka Belajar, sedangkan gelar Karya yang dilaksanakan oleh masing-masing pelajar tersebut adalah sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P 5) dimana pada hari ini diberikan Pretestnya apa yang memang harus muncul dengan adanya P5 itu, sehingga filosofi yang betul bisa digunakan disatuan pendidikan guna memunculkan P5 dimasing-masing Satuan Pendidikan," tutupnya. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini