“MUSYAWARAH DUSUN” PINTU GERBANG PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 25 Mei 2023

“MUSYAWARAH DUSUN” PINTU GERBANG PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA



Madiun, Metro Jatim;

Musyawarah Dusun (Musdus) merupakan tahapan awal dalam proses perencanaan pembangunan Desa, dimana hasil musyawarah dusun ini menjadi acuan bagi Pemerintah Desa dalam menentukan kebijakan pembangunan desa.


Perencanaan pembangunan desa merupakan fungsi yang sangat penting & strategis, karena dengan perencanaan dapat melihat potensi dan sumber daya yang dimiliki serta berbagai masalah yang dihadapi dan perlu segera diselesaikan. Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang dilakukan dengan tetap mendasarkan pada data dan informasi yang akurat, valid dan akuntabel. 


Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun telah melangsungkan kegiatan Musdus Mojorejo pada hari selasa tanggal 23 Mei 2023 di Kediaman Bapak Burhanuddin (Perangkat Desa) Desa Mojorejo dalam keadaan tertib, aman dan lancar dengan tetap menjaga tata tertib selama musyawarah berlangsung.


Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Mojorejo Wahib Muawwan, SH., didampingi oleh seluruh perangkat desa, pihak pendamping desa, Ketua BPD beserta  anggotanya, Ketua LPKMD, Tokoh Masyarakat, Ketua Rt dan Rw, Perwakilan Karang Taruna, perwakilan Ibu PKK.



Musyawarah Dusun diselenggarakan guna menyerap semua aspirasi warga masyarakat terkait persoalan yang ada di lingkungan Dusun Mojorejo dan hasil kesepakatan dari Musdus nantinya akan dijadikan bahan penyusunan dokumen perencanaan oleh tim penyusun RPKDes untuk diajukan ke BPD dan pemerintah Desa Mojorejo guna menetapkan usulan prioritas sebagai masukan dalam forum Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes).


Dikesempatan sambutannya Kepala Desa Mojorejo Wahib Muawwan, SH., berharap,  "Apa yang menjadi usulan prioritas dalam Musdus ini harus benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat  terutama untuk menjawab persoalan lingkungan terlebih pada percepatan bidang pembangunan fisik maupun pada bidang pemulihan perekonomian yang bisa membawa ketingkat lebih makmur warga masyarakat Desa Mojorejo sehingga sejajar dengan desa maju lainnya," tutupnya.


Pada akhir Musyawarah Dusun Mojorejo yang berlangsung dimulai dari pukul 20.00 - 22.00 wib telah disepakati beberapa hal, diantaranya memprioritaskan dua usulan dusun, yaitu pembangunan saluran Drainase di lingkungan RT 02 R W01 Dusun Mojorejo dan pelatihan dibidang peternakan serta pertanian. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini