Ribuan Masyarakat Sumenep Menyaksikan Festival Jaran Serek - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Minggu, 28 Mei 2023

Ribuan Masyarakat Sumenep Menyaksikan Festival Jaran Serek




Sumenep, Metro Jatim;

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur. menggelar event Festival Jaran Serek “Sumenep Masa Kejayaan” yang mengambil rute Lapangan Giling dan Finis di depan Labang mesem Keraton Sumenep, diikuti ratusan jaran serek, dalam festival kuda menari demi untuk melestarikan kesenian tradisional yang ada di kabupaten Sumenep, dengan alunan musik saronen. Sabtu (27/05/2023).


Festival jaran serek yang merupakan kalender event pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang ke 15 di tahun 2023 ini dilepas oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH, MH dan dihadiri oleh wakil Bupati Sumenep Hj Dewi Khalifah, Sekdakab Sumenep Ir Edy Rasyadi, Forkopimda, para Asisten, segenap OPD, Camat dan segenap paguyuban jaran serek se Kabupaten Sumenep.


Bupati Sumenep mengapresiasi segenap paguyuban jaran serek Kabupaten Sumenep yang telah mengajukan kepada pemerintah agar Jaran Serek di masukkan dalam agenda kalender of even.



“Kami sangat merespon terhadap pengajuan para paguyuban jaran serek yang mengajukan jaran serek di masukkan dalam kalender event yang tujuannya untuk melestarikan budaya lokal Sumenep,” kata Orang nomor satu di kota keris ini.


Selain itu dalam even jaran serek diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sumenep. “Dari event ini kami bisa memetik hasil yang akan di capai yaitu peningkatan wisatawan ke Sumenep, dengan begitu akan meningkatkan ekonomi masyarakat Sumenep,” harapnya.


“Event ini dalam rangka melestarikan tradisi, maka kami mengajak kepada generasi muda untuk mencintai, kebersamaan, untuk bisa mewarisi tradisi lokal yang kita miliki,” jelasnya



“maka melalui even yang di selenggarakan oleh pemerintah mampu mengimbangi generasi muda untuk lebih mencintai budaya kita sendiri,” katanya.


Orang nomor satu ini mengungkapkan, dengan adanya festival jaran serek ini, untuk memberikan wawasan kepada masyarakat khusunya kepada generasi kita agar lebih paham tentang jaran serek di Kabupaten Sumenep.


“Kita harus bangga dan lebih mencintai tradisi budaya ini karena, jaran serek ini bukan kuda seperti biasanya, kuda ini mempunya skill dan telah terlatih sehingga bisa menari,” ujarnya.



Menurutnya, melalui event ini dapat menambah energi baru, dan kita dapat melihat ada sebuah kekompakan dari pada pemandu dan pengiring saronen di belakang jaran serek.


“Ini menunjukkan pentingnya sebuah kekompakan dan persatuan dalam menciptakan nuansa kebersamaan,” jelasnya.


“Selain tujuannya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sumenep nantinya dampaknya akan meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Sumenep, yang telah bergerak di UMKM bahkan di PKL, pemerintah berharap agar festival kuda menari dapat berhibur sakaligus bisa melestarikan dan menumbuh kembangkan ekonomi rakyat. (Yakoeb/Ais)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini