Menyatukan Jiwa dan Penghormatan Penghentian Sejenak di Perempatan Kartonyono Menandai Peringatan Kemerdekaan ke-78 - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 18 Agustus 2023

Menyatukan Jiwa dan Penghormatan Penghentian Sejenak di Perempatan Kartonyono Menandai Peringatan Kemerdekaan ke-78


Metro Jatim • Ngawi | Petugas kepolisian dari Satuan Lalu Lintas Polres Ngawi melakukan tindakan menghentikan kendaraan yang sedang melintas di beberapa tempat di Kabupaten Ngawi. Kamis (17/08/2023)


Suasana yang menarik terjadi di perempatan Kartonyono, di mana anggota Polri meminta para pengendara dari semua arah untuk berhenti sejenak selama 3 menit, mulai dari pukul 10.17 WIB hingga 10.20 WIB.


Tidak lama setelah itu, lagu kebangsaan "Indonesia Raya" terdengar melalui pengeras suara dan sirene yang berasal dari kendaraan patroli polisi. Secara serentak, semua pengendara berhenti, berdiri tegak, mengangkat tangan kanan, dan meletakkan jari di dada sebagai tanda penghormatan.


Kapolres Ngawi, AKBP Argowiyono, S.H., S.I.K., M.Si., melalui Kasatlantas AKP Achmad Fahmi Aditama, S.T.K., S.I.K., menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang berjuang dengan jiwa dan raga untuk merebut dan mempertahankan Republik Indonesia. Kegiatan ini diadakan bersamaan dengan peringatan detik-detik proklamasi.



"Kami ingin menunjukkan penghormatan danh partisipasi warga Ngawi dalam memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Fahmi.


Kegiatan penghentian sementara ini dilakukan di semua persimpangan jalan di Kabupaten Ngawi oleh anggota Satlantas Polres Ngawi.


"Kami sengaja menghentikan kendaraan di jalan raya, terutama di perempatan Kartonyono, sebagai bentuk penghormatan kepada para Pahlawan kemerdekaan," tambah Fahmi.


"Semoga ini dapat membangkitkan cinta tanah air dan memperkuat kesadaran bersama sebagai bangsa yang maju, menuju Indonesia yang lebih baik," ungkapnya.


Ia juga mengajak seluruh warga bangsa untuk mengambil teladan dari pengorbanan para pahlawan, dengan semangat nasionalisme dan patriotisme. Hal ini diharapkan dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, yang didasari oleh Pancasila dan semangat Bhineka Tunggal Ika. (av)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini