347 Karyawan RSUD dr. Iskak di Berikan Vaksinasi Hepatitis B, Ini Tujuannya. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 23 Maret 2024

347 Karyawan RSUD dr. Iskak di Berikan Vaksinasi Hepatitis B, Ini Tujuannya.

  

Tulungagung, Metro Jatim;

Dalam upaya menekan penularan infeksi tersebut, RSUD dr. Iskak Tulungagung melakukan vaksinasi Hepatitis B kepada ratusan karyawan pada 7 Maret 2024.


Resiko penularan penyakit infeksi pada orang dewasa menjadi ancaman seiring perkembangan pola penyakit,lingkungan, serta perilaku manusia. Karena itu pemberian vaksin menjadi kebutuhan yang tak bisa ditawar.


“Pemberian vaksinasi hepatitis B ini menarget 347 karyawan dengan skala prioritas sesuai dengan area resiko,” ujar Muhammad Ali Ridho, A.Md.Kep, IPCN komite PPI RSUD dr. Iskak. (16/3/24).


Ali menyampaikan, pemberian vaksin Hepatitis B ini dilakukan beberapa kali, yakni bulan ke- 0, bulan ke-1, dan bulan ke- 6 Penyuntikan dilakukan pada otot lengan atas.


 “Pemberian vaksinasi untuk bulan ke-1 akan dilaksanakan setelah hari raya idul fitri,” kata Ali.


Menurutnya, sebelum mendapatkan vaksinasi, karyawan dilakukan skrinning rapid HBsAg. Apabila didapatkan hasil negatif maka akan diberikan vaksinasi hepatitis B. 


Penggunaan vaksin pada orang dewasa ini didasarkan pada beberapa indikasi, yaitu riwayat paparan, risiko penularan, usia, status imun, pekerjaan, gaya hidup, atau rencana bepergian ke tempat yang berisiko terjadinya penularan penyakit tertentu. 


Diketahui, lanjut Ali menjelaskan, Vaksinasi hepatitis B merupakan suntikan berisi antigen virus yang dilemahkan untuk memacu tubuh untuk menghasilkan kekebalan secara aktif terhadap infeksi hepatitis B. 


"Vaksinasi hepatitis B pada petugas kesehatan sangat diperlukan sebagai perlindungan atas risiko penularan penyakit di rumah sakit," tutupnya. (irf)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini