Percepat Bangkitnya Ekonomi Warga Melalui Pembangunan Jalan Lingkungan Desa. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 01 April 2024

Percepat Bangkitnya Ekonomi Warga Melalui Pembangunan Jalan Lingkungan Desa.



Madiun, Metro Jatim;

Memaksimalkan pemanfaatan Dana Program Pembangunan Daerah Pemilihan atau Dana Aspirasi Anggota Dewan atau yang lazim disebut Anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) tahun 2024 untuk perbaikan infrastruktur jalan desa yang kondisinya tidak layak dengan sistem pavingisasi seperti halnya yang dilaksanakan  oleh Pemerintah Desa Klumpit Kecamatan Sawahan  Kabupaten Madiun yang kini mendapat Apresiasi warganya, Senin (1/4/2024).


Menurut penuturan Kepala Desa Klumpit, Sugiono, S.Pd., Rencana perbaikan fisik jalan lingkungan Rt 01 RW  01  Desa Klumpit yang rusak dan tidak layak tersebut sudah melalui tahapan  usulan melalui forum Musdus maupun Musdes sehingga mendapat persetujuan sebagai Skala prioritas pembangunan fisik desa.


”Dengan memaksimalkan penggunaan anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Tahun 2024 saat ini usulan warga masyarakat tersebut telah terealisasi pembangunannya dan mendapat Apresiasi dari warga masyarakat  mengingat infrastruktur jalan adalah untuk kepentingan mobilisasi warga yang harus mendapatkan perhatian serius, dimana salah satu fungsinya adalah sebagai penunjang percepatan roda pembangunan fisik desa maupun percepatan bangkitnya ekonomi  masyarakat,” tuturnya.


Pertimbangan pembangunan akses jalan yang rusak dengan menggunakan bahan Paving karena lebih kuat dan tahan terhadap kondisi alam dibandingkan dengan menggunakan bahan lain karena  hal ini sesuai spesifikasi (Spek)  atau standar mutu yang ditetapkan oleh pemerintah.


Sedangkan Volume pavingisasi jalan yang dibangun adalah Lebar 4 m Panjang 220 m, menyerap anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Tahun 2024 sebesar Rp 150 juta,  dikerjakan dengan sistim Swakelola artinya semua pengerjaannya dikerjakan dengan memberdayakan tenaga masyarakat lingkungan setempat tidak melibatkan pihak ketiga (Kontraktor), pelaksanaan pengerjaannya dibawah pengawasan pihak Kepala Desa Klumpit dibantu oleh pihak petugas pendamping desa, Unsur BPD maupun kelompok masyarakat (Pokmas) dan sampai berita ini diturunkan progres pembangunannya sudah mencapai 75%.


Harapan Kepala Desa Klumpit, Sugiono, S. Pd., ketika dikonfirmasi diruang kerjanya kepada awak media ini mengatakan, "Dengan kondisi jalan yang baik, pertama akan meminimalisir Laka lalin, kedua memudahkan warga melakukan aktivitas, terutama dalam pengoperasian kendaraan pengangkut hasil pertanian, jasa pelayanan sosial, kesehatan dan pendidikan, dengan demikian harapan saya kedepan percepatan pertumbuhan ekonomi  pada semua sektor dapat terwujud, sehingga Desa Klumpit tidak tertinggal dengan desa maju lainnya,” tutur Sugiono, S.Pd. mengakhiri konfirmasinya. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini