Perhutani Serius Jadikan Kawasan Hutan Bambu Menjadi Wisata Edukatif - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 14 Maret 2019

Perhutani Serius Jadikan Kawasan Hutan Bambu Menjadi Wisata Edukatif


Banyuwangi, Metro Jatim;

Menindaklanjuti kunjungan staf Direksi PHT ke kawasan hutan bambu yang berada di wilayah LMDH Mitra Hutan  Lestari desa Jambewangi. 4/03/2019.

Kunjungan kali ini dihadiri oleh KPH Banyuwangi barat Manager wisata dan pengembangan usaha. Suyitno bersama stafnya Sutikno. Kedatangan rombongan juga dihadiri oleh KRPH. Gunungsari Masgito dan ketua LMDH Sobowono Misran, Rabu 14/03/2019.

Kedatangan Suyitno kekawasn hutan bambu untuk menindaklanjuti keseriusan pihak KPH untuk menjadikan hutan bambu menjadi kawasan Konservasi atau penelitian yang nantinya bisa mendatangkan wisatawan lokal maupun asing.

Sekitar 20 jenis bambu yang ada dikawasan hutan yang saat ini tubuh liyar dan tidak terurus, keberadaan hutan bambu yang masih mejadi pembahasan pihak terkait yang rencananya akan dijadikan tempat wisata Edukatif (Atboretum Bambu) atau kawasan hutan bambu yang hanya ada di wilayah pangkuan hutan desa Jambewangi.

Nurhamid selaku ketua LMDH Mitra Hutan Lestari saat dikonfirmasi awak media menyambut baik rencana pihak Perhutani yang akan mengembangkan wisata Edukatif (Aboretum Bambu) yang nantinya bisa mejadi nilai tambah untuk mensejahterakan warga yang berada dikawasan hutan.

"Apa yang sudah menjadi rencana perhutani untuk membuat wisata Edukatif (Aboretum Bambu) saya menyambut baik, menurut saya banyak potensi alam yang ada dikawasan hutan belum terangkat, seperti kawasan hutan bambu yang saat ini kita lihat," ucap Nurhamid.

Karena menurut Nurhamid ada sekitar 20 jenis bambu yang ada dikawasan hutan wilayah KRPH Gunungsari, yang tidak dimiliki oleh wilayah hutan lain, Nurhamid mengharap setelah adanya wisata hutan bambu bisa turut mensejahterakan masyarakat wilayah hutan.


"Tidak semua hutan yang ada di Banyuwangi mempunyai hutan bambu seperti yang ada dikawasan KRPH Gunungsari tepatnya ada di wilayah LMDH Mitra Hutan Lestari, ada sekitar 20 jenis bambu yang nantinya akan menjadi tempat konservasi atau tempat penelitian asal usul bambu yang saat ini tumbuh subur, saya juga berharap dengan adanya wisata hutan bambu bisa mengangkat perekonomian masarakat pemangku hutan," ungkapnya.(Agus Salim)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini