Musim Kemarau Dispertan Ngawi Lakukan Terobosan dan Inovasi Budidaya Tanam Kedelai - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 04 Juli 2019

Musim Kemarau Dispertan Ngawi Lakukan Terobosan dan Inovasi Budidaya Tanam Kedelai


Ngawi, Metro Jatim;

Dinas Pertanian  kabupaten Ngawi bekerja sama dengan para petani salah satunya kelompok  gapoktan Tani Mulyo desa Banjaransari kecamatan Padas. Hal tersebut dilakukan oleh Dispertan kabupaten Ngawi untuk mendukung program swasembada kedelai yang dicanangkan oleh pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan Nasional.

Loncing tanam kedelai dihadiri langsung Direktur AKABI Ditjen Tanaman Pangan Kementan RI,  Ir. Amiruddin Poham, M.Si. dan Kadin Pertanian Ngawi Ir. Marsudi pada Rabu, 26/06/2019 di lahan pertanian Desa Banjaransari.

"Hal tersebut kami galakan kebutuhan swasembada padi dan jagung kabupaten Ngawi sudah terpenuhi, bahkan sudah melebihi kebutuhan pangan  yang dikomsumsi oleh masyarakat khususnya kabupaten ngawi yang hanya 20% dari produksi, terang Marsudi, kepala dinas Pertanian Ngawi.

Lebih lanjut dikatakan oleh Marsudi untuk menghadapi paska panen dimusim kemarau ini, Dinas Pertanian melakukan terobosan-terobosan serta berinovasi menggalakan budidaya tanaman kedelai.

"Ini dilakukan untuk menghemat biaya produksi, akibat berkurangnya debit air dan majunya musim kemarau yang akan mempengaruhi pola tanaman padi sehingga alternatif budidaya tanam kedelai sangat membantu para petani di wilayah kabupaten Ngawi,” terang Marsudi.

Marsudi berharap, dengan program tanam kedelai di musimkemarau tersebut  diharapkan luasan lahan untuk penamanan kedelai di Ngawi semakin bertambah dan otomatis juga akan meningkatkan produktifitasnya. (Jumadi)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini