Operasi Yustisi Jaring 189 Pelanggar Prokes - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 23 September 2020

Operasi Yustisi Jaring 189 Pelanggar Prokes

  1. Foto sidang pelanggaran Prokes Covid-19

Tulungagung, Metro Jatim; 
Selama lima hari pelaksanaan Operasi Yustisi yakni 18-22 September 2020 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tulungagung berhasil menjaring ada 198 pelanggar. Dari jumlah tersebut 151 pelanggar dikenai denda, sementara 47 orang menjalani sanksi sosial. Denda yang terkumpul dari pelanggaran protokol kesehatan (prokes) selama lima hari pelaksanaan Operasi Yustisi mencapai Rp 3.445.000,-. Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perda dan Perbup Satpol PP Tulungagung Anindya Putra kepada Metro Jatim, Selasa (22/9/2020) Malam.

Nindya menambahkan jika sanksi yang diberikan mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) No 53 tahun 2020 dan Peraturan Bupati (Perbup) No 57 tahun 2020. Untuk sanksi yang diberikan bisa berupa kerja sosial, denda, atau kurungan selama dua hari.

“Kalau menggunakan Pergub, pelanggar harus membayar uang sebesar Rp 25.000,- langsung ditempat, jika tidak mampu membayar akan dikenai kurungan selama dua hari,” katanya.

Namun, jika menggunakan Perbup selain membayar denda si pelanggar juga memiliki pilihan yakni sanksi sosial.

“Jadi denda berupa uang yang didapatkan dari operasi yustisi semua masuk ke kasda,” imbuhnya.

Genot panggilan akrab Anindya menyebut, saat operasi Yustisi pelanggar terbanyak berasal dari masyarakat pinggran kota. Menurutnya mereka menyepelekan adanya Pandemi Covid-19 ini. Dalam operasi menurutnya juga melibatkan penyidik dari kepolisian, kejaksaan, PPNS, dan dari pengadilan.

“Kalau sore-malam-dini hari, kami mengacu Perbup. Jadi sanksinya berupa sanksi sosial,” jelasnya.

Anindya yang biasa dipanggil Genot ini memandang jumlah pelanggar Prokes di Tulungagung tersebut cukup kecil dibandingkan dengan luar Tulungagung. Hal Ini membuktikan tingkat kepatuhan warga Tulungagung sudah tinggi. 

“Kebanyakan pelanggar Prokes ini simpel, para petani yang kesawah atau ke kebun sehingga tidak memakai masker,” terangnya.

Genot menyebut, Operasi Yustisi ini bakal digelar selama 14 hari atau dua Minggu dan Setelah itu akan dilakukan evalausi .

"Sebenarnya masyarakat semakin dewasa dengan mematuhi protokol kesehatan, semoga dengan waktu 14 hari ini tidak ditemukan lagi pelanggar Prokes," harapnya.

Genot berpesan agar masyarakat selalu memperhatian protokol kesehatan, tidak lupa memakai masker karena covid gelombang kedua lebih mengerikan tingkat penyebarannya.

Reporter : Dyan S.
Editor : Dyan S.

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini