Langkah Jitu Pemerintah Desa Gempolan dan Kelompok Tani untuk Mengatasi Hama Tikus yaitu dengan Gropyokan dan Memberikan Obat - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Minggu, 01 Agustus 2021

Langkah Jitu Pemerintah Desa Gempolan dan Kelompok Tani untuk Mengatasi Hama Tikus yaitu dengan Gropyokan dan Memberikan Obat

Pemerintah Desa Gempolan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung.

Tulungagung, Metro Jatim;

Desa Gempolan merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Sebagian warganya ada yang bekerja sebagai petani, hama tikus adalah salah satu faktor penurun hasil panen para petani. 


Dengan adanya penurunan hasil panen maka Pemerintah Gempolan beserta kelompok tani bekerjasama untuk membasmi hama tikus. 


Saat di interview pada hari Kamis (29/7/2021), Saiman selaku warga Desa Gempolan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung menuturkan hama tikus memang menjadi faktor utama menurunnya hasil panen padi disini.

Saiman selaku warga Desa Gempolan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung


"Dengan adanya tindakan jitu dari kerjasama antara Pemerintah Desa Gempolan dan para kelompok tani dengan mengadakan gropyokan sekaligus pemberian obat maka berkurang jumlah tikusnya," ujarnya. 


Penuturan Saiman diperkuat dengan ucapan dari Bapak Sutrisno selaku salah satu warga juga. "Alhamdulillah hasil panen kita sekarang udah hampir stabil," tuturnya.

Sutrisno selaku warga Desa Gempolan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung.


Kesigapan dari pemerintah Desa Gempolan di era kepemimpinan Rusminah, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Desa Gempolan bisa memberikan manfaat untuk para petani agar tidak merugi. 


Kegiatan gropyokan mencerminkan kekompakan dari warga beserta pihak Pemerintah Desa Gempolan. Pemerintah Desa Gempolan berharap semoga hasil panen para petani bisa meningkat dan hama tikus cepat musnah. 


Koordinator Liputan Jawa Timur dan Koordinator Tim Investigasi Jawa Timur: IRFAN

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini