Pemerintah Desa Deyeng dan Warga Bersemangat Mengatasi Hama Tikus - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 03 Agustus 2021

Pemerintah Desa Deyeng dan Warga Bersemangat Mengatasi Hama Tikus

Asianto selaku Kepala Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri


Tulungagung, Metro Jatim;

Desa Deyeng merupakan salah satu desa yang termasuk wilayah Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Berbagai ide kreatif dan segala upaya telah dilakukan oleh pemerintah Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri untuk mengusir hama tikus yang mengganggu tanaman warga. 


Salah satunya antara lain yaitu gropyokan, labuh bersama, menjebak, meracuni, dan menembak, bahkan ada yang menggunakan ritual khusus untuk mengusir tikus yang berkeliaran di area persawahan. 


"Hama tikus tidak melanda Desa Deyeng saja melainkan hampir menyeluruh daerah, pihak Pemerintah Desa Deyeng bekerja keras membantu menyelesaikan permasalahan warganya," ucap Asianto (55th) pada hari Senin (2/8/2021).


Biasanya yang paling disukai tikus adalah tanaman nanas, dan jagung, ujarnya. Mayoritas penduduk Desa Deyeng bekerja sebagai petani, segala daya upaya udah dilakukan seperti menyemprotkan pupuk organik, dan baiknya sekarang sudah lebih berkurang.


Asianto selaku Kepala Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo dikenal sabar dan tegas berharap agar wabah ini bisa berkurang dan warga bisa bercocok tanam dengan nyaman.


"Semoga warga kami sejahtera dan dijauhkan dari penyakit, banyak rizki serta bantuan dari pemerintah pusat segera terealisasi," harapnya.


"Selain itu, saya juga berharap masalah pupuk agar tidak langka lagi. Soalnya masyarakat selalu menggunakan pupuk import dan bersubsidi," lanjutnya.


Koordinator Liputan jatim & Koordinator Tim Investigasi : Irfan.

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini