PROGRAM PAMSIMAS SANGAT MEMBANTU MASYARAKAT DESA SETEMPAT - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 01 September 2021

PROGRAM PAMSIMAS SANGAT MEMBANTU MASYARAKAT DESA SETEMPAT


Tulungagung, Metro Jatim;

Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS)
adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Program ini dilaksanakan di wilayah pedesaan dan pinggiran kota yang sangat membutuhkan air bersih. 


Desa Babadan Kecamatan Karangrejo pada tahun 2021 ini termasuk dari beberapa desa yang mendapatkan program Penyediaan Air  Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III dari pemerintah pusat.
Program Pamsimas III ini dilaksanakan untuk mendukung agenda Nasional dalam rangka meningkatkan pelayanan air minum dan sanitasi yang layak. Kades Babadan Suyitno mengatakan dalam pembangunan tandon air yang salah satunya berada di Dusun Persilan RT 3 RW 1 selalu melibatkan masyarakat di sekitar yang tergabung di Satuan Pelaksana Kelompok Keswadayaan Masyarakat (Satlak KKM) Tirto Wilis.



"Untuk program Pamsimas III ini kita mendapatkan total panjang pipa 4656 meter, sedangkan volume tandon 27 meter kubik,"  jelasnya.


Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa pembangunan tandon ini sebagai perwujudan program Pamsimas sebagai upaya untuk menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat. "Kesejahteraan masyarakat tidak akan tercapai tanpa ditunjang dengan ketersediaannya air bersih, karena air bersih merupakan faktor utama untuk penunjang kesehatan," ungkap Suyitno.


 
Harapan kades Suyitno semoga dengan adanya program Pamsimas ini di tiga titik yaitu Dusun Persilan, Dusun Pereng dan Dusun Setono Bendo bisa terpenuhi air bersihnya. (Suryani)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini