Pemkab Jember Study Banding Ke RSUD dr. Iskak Tulungagung - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 12 Oktober 2021

Pemkab Jember Study Banding Ke RSUD dr. Iskak Tulungagung


Tulungagung, Metro Jatim;

Pemkab Jember lakukan study banding di RSUD dr. Iskak Tulungagung. Study banding ini karena RSUD dr. Iskak dinilai memiliki model perumahsakitan yang cukup ideal, utamanya dalam masa pandemi,pada Senin (4/10/2021).


Rombongan Pemkab Jember terlebih dahulu mendatangi Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso untuk bersilaturahmi dengan Bupati Tulungagung Maryoto Birowo. Usai berkunjung ke pendopo, rombonganpun bertandang ke Gedung Graha Mandiri RSUD dr. Iskak Tulungagung, untuk melihat pelayanan gedung yang menjadi tempat rawat inap pasien non Covid-19.


Selanjutnya Bupati Jember, Hendy Siswanto beserta rombongan berjalan melewati beberapa koridor rumah sakit untuk menuju ke ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD). Dimana pada ruang IGD ini merupakan tempat awal pasien yang hendak melakukan perawatan di RSUD dr. Iskak untuk menjalani screening test berupa tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR).


“Jadi sebelum pasien kami mendapatkan perawatan mereka harus tes swab PCR terlebih dahulu, agar pasien bisa mendapatkan perawatan dengan semestinya,” jelas Direktur RSUD dr Iskak dr Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B., M.Kes.


Supriyanto pun menjelaskan pembagian ruang dan alur penanganan di ruang IGD. Seperti green zone, yellow zone, dan red zone. Selanjutnya rombongan tersebut terlihat menuju ruang call center 119 public safety center (PSC). Untuk melihat langsung bagaimana kesiapsiagaan petugas menangani emergency call.


Seperti diketahui, PSC ini merupakan salah satu layanan yang dimiliki RSUD dr. Iskak untuk meningkatkan dan mengefisienkan pelayanan terhadap pasien. Ketika masyarakat menekan atau menghubungi PSC maka petugas dari RSUD dr Iskak langsung sigap mendatangi pasien tersebut. “Kami siapkan petugas yang siap siaga standby di depan monitor,” ujar Supriyanto.


Supriyanto melanjutkan pihaknya menerima dengan baik kedatangan pemerintah Kabupaten Jember. Pihaknya berharap model perumahsakitan dengan sistem low cost, high quality and responsibility di RSUD dr Iskak ini bisa diterapkan di Jember. Menurut Supriyanto suksesnya RSUD dr. Iskak tak lepas dari kolaborasi dan sumbangsih dari pemerintah Kabupaten Tulungagung serta Dinas Kesehatan setempat.


Sementara itu Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan pihaknya bangga bisa melihat sistem di RSUD dr Iskak Tulungagung. Kemudian pihaknya akan meniru serta mengikuti pola yang diterapkan di RSUD dr. Iskak. (Ismail)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini