Kesigapan Dinas Lingkungan Hidup Dalam Menyikapi Pembuangan Sampah Secara liar di TPS Desa Kauman. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 18 April 2022

Kesigapan Dinas Lingkungan Hidup Dalam Menyikapi Pembuangan Sampah Secara liar di TPS Desa Kauman.

TPS Desa Kauman


Tulungagung, Metro Jatim;

Terlihat jelas banyak sekali tumpukan sampah yang berserakan di luar area tempat pembuangan sampah Desa Kauman. Sampah-sampah yang berserakan tersebut terbungkus plastik dan kondisinya sudah sangat bau sekali. Baunya sangat menyengat dari satu plastik ke plastik yang lain, warga yang sedang berada di lokasi TPS tersebut juga mengeluhkan baunya dari sampah-sampah liar itu. 


Sampah yang menumpuk dan bertebaran kemana-mana, terutama sisa makanan biasanya akan membusuk dan menjadi tempat berkembang biak yang ideal untuk kuman. Jika lalat, kecoa atau tikus menyentuh sampah-sampah dan secara tidak sengaja tangan manusia juga ikut bersentuhan, maka hal itu menjadi salah satu cara penularan kuman-kuman dari sampah ke orang lainnya. 

Brida Mardi Utomo selaku Kepala Desa Kauman Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung


"Di depan area tempat pembuangan sampah Desa Kauman memang ditemukan banyak tumpukan sampah berserakan akibat dari warga lain desa yang melakukan pembuangan liar ini, padahal sudah ada peringatan yang berbentuk banner terpampang dan sudah ada pemberitahuan melalui lisan kepada mereka warga lain desa tersebut akan tetapi tidak di dengarkan oleh mereka," ucap Brida Mardi Utomo saat ditemui di ruangannya, Senin (18/4/2022).


Ia juga sangat bingung dengan ulah mereka yang tidak bertanggung jawab atas perihal semacam ini.

Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung.

Makrus perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Tulungagung telah mengetahui tentang perihal tersebut dan beliau mengatakan jika terjadi perihal pembuangan liar di TPS Desa Kauman maka pihaknya akan segera menindak lanjuti dan memberikan solusinya. 


Peristiwa seperti ini tidak hanya terjadi di TPS Desa Kauman saja akan tetapi di TPS desa lain pun demikian tetapi bisa kita tertibkan. Para pembuang sampah yang tidak bertanggung jawab ini haruslah diberi himbauan dan penjelasan agar mereka tidak mengulangi perbuatannya.


Brida Mardi Utomo selaku Kepala Desa Kauman sangat senang dengan kesigapan Dinas Lingkungan Hidup  dalam menyikapi keluhan tersebut. Pemdes Kauman beserta warga berharap semoga TPS Desa Kauman bisa tertib, teratur dan tidak ada lagi warga lain desa yang membuang sampah sembarangan.


Dewan Redaksi : Irfan.

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini