Alokasi DD 2022, Pemdes Kawu Bangun TPT Jalan Usaha Tani - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 11 Oktober 2022

Alokasi DD 2022, Pemdes Kawu Bangun TPT Jalan Usaha Tani



Ngawi, Metro Jatim;

Pemerintah Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Jawa timur, tahun ini sukses membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) yang dianggarkan melalui Dana Desa (DD).


Kepala Desa (Kades) Kawu Ali Impron, mengatakan tahun 2022 ini Pemdes Kawu, mengadakan kegiatan pembangunan TPT yang mengunakan pasangan material batu kali, yang dibiayai dari Anggaran Dana Desa Tahun 2022.


Untuk pembangunanya, pada tahun ini dititik beratkan pada ketahanan pangan yakni pembangunan jalan usaha tani berupa, pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang berlokasi di Dusun Kliyang Rt.002 Rw.003, dengan Volume Panjang yakni 363 Meter, dengan penyerapan Anggaran Sebesar Rp. 163.000.000,- bersumber dari DD 2022.


TPT ini berperan untuk menguatkan badan jalan supaya kukuh. Setelah dibangun TPT kita lanjutkan dengan meratakan jalan dan sedikit pengurugan jalan. Jadi pembangunan jalan usaha tani didesa Kawu. Agar jalan bisa berfungsi dengan baik. Pungkas Ali.


Ali Impron berharap, pembangunan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena dengan akses jalan pertanian yang baik akan melancarkan aktifitas perekonomian warga, masyarakat bisa dengan mudah dan lancar mengangkut hasil Panen Pertanian mereka, untuk dipasarkan, dan nilai ekonomis atau harga tanah pertanian juga meningkat.


“Pembangunan ini mendapat sambutan positif dari warga desa setempat, dikarenakan pembangunan ini merupakan hasil musyawarah desa dan merupakan usulan masyarakat. Jadi warga merasa senang usulan mereka kita realisasikan. Semoga proyek ini banyak membawa manfaat untuk kemakmuran warga.” tutur Kades.


Ali Impron menambahkan, Pelaksanaan dan pengerjaan TPT bahu jalan tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. Tidak saja mampu memberikan pelayanan akses mobilitas warga yang baik, namun juga dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga masyarakat Desa Kawu. (Avit)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini