Pembangunan Irigasi P3 TGAI Desa Ngasinan Ponorogo Tahap Dua Telah Dikerjakan - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 11 Oktober 2022

Pembangunan Irigasi P3 TGAI Desa Ngasinan Ponorogo Tahap Dua Telah Dikerjakan


Ponorogo, Metro Jatim;

Progam Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) tahap dua desa ngasinan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo telah dikerjakan secara swakelola. Sumber anggaran APBN 2022, Jum'at (7/7/2022).


Kini telah dimulainya pengerjaannya dan tenaga kerjanya semua dari masyarakat Desa Ngasinan guna mengurangi dampak pengangguran juga menambah pendapatan bagi masyarakat itu sendiri. Program P3TGAI juga diharap dapat meningkatkan taraf hidup para petani. Selain itu juga memperlancar irigasi air dalam persawahan dalam cocok tanam. Tentunya wujud dari P3TGAI ini salah satu bentuk pemerintah untuk prioritas kepada petani dalam hal ini P3TGAI yang sumber anggaran nya dari APBN tahun 2022. Dan dikerjakan secara swakelola.


Program bantuan P3TGAI ini bantuan dari pemerintah pusat melalui Menteri PUPR yang diberikan kepada hippa / Himpunan pengguna air irigasi secara langsung namun tidak lepas dari dukungan pemerintah desa dan tetap ikut dalam dukungan pelaksanaan pembangunan tersebut.


Pembangunan hippa tersebut berada dilokasi Dukuh Mantup RT. 3 RW. 1 dengan panjang sekitar 346 meter, kedalaman pondasi 30 cm, tinggi tembok/dinding 50  cm sisi kanan dan kiri, adapun dinding tembok plesteran dan dihaluskan pakai semen saja atau diaci.


Adapun bangunan menggunakan batu kali, semen merek standar yaitu Semen Gresik, sesuai rencana pembangunan dan BESTEK nya. Ketua hippa Desa Ngasinan Jetis Ponorogo sumber rezeki, Tambir, jika mengungkapkan nantinya saluran irigasi ini akan mengaliri persawahan sekitar 30 hektar. ”Dan Alhamdulilah desa saya dapat program hippa, sehingga kedepannya desa saya ini sudah lancar dalam pengaliran air nanti,” ungkapnya.


Kepala Desa Ngasinan juga mengucapkan terima kasih pada pemerintah pusat karena Desa Ngasinan dapat bantuan program P3TGAI tahun anggaran 2022. ”Semoga masyarakat  kami khususnya petani mudah dalam pengelolaan air irigasi nantinya,” ucap kepala Desa Ngasinan Ponorogo maju bangun desa petani susus. (Hendy Cse)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini