Masyarakat Diminta Tidak Panik, Kondisi Pasca APG Berangsur Membaik - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 05 Desember 2022

Masyarakat Diminta Tidak Panik, Kondisi Pasca APG Berangsur Membaik



Lumajang, Metro Jatim;

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq meminta masyarakat yang berada di posko pengungsian untuk tidak mudah percaya terhadap informasi yang disebarkan oknum yang tidak bertanggung jawab.


Pasalnya, beredar informasi bahwa kawasan relokasi merupakan lokasi tidak aman dari potensi terjadi bencana Erupsi Gunung Semeru.


"Yang di hunian relokasi aman, tidak mengikuti aliran lahar. Aliran laharnya gak ke sumbermujur, tapi melalui Supiturang, Curahkobokan, Kamar Kajang dan Bondeli," ungkapnya, Minggu (4/12).


Senada dengan Bupati, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati juga menyampaikan bahwa kawasan relokasi Bumi Semeru Damai di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro bukanlah zona merah. Bahkan salah satu lokasi yang aman.


Jika terjadi APG Gunung Semeru, kawasan relokasi BSD, hanya terimbas material debu vulkanik.


Diketahui, beberapa warga juga sudah kembali ke rumah masing-masing yang berada di kawasan relokasi BSD, mengingat kondisi pasca APG Gunung Semeru berangsur membaik.


"Bapak ibu tidak perlu takut rumahnya yang di relokasi, pemerintah sudah mempertimbangkan lokasi relokasi. Jangan panik, kondisinya sudah aman, sebagian yang tinggal di relokasi sudah kembali ke rumahnya," imbuhnya. (Halim)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini