Desa Payaman, Gelar Kirab Budaya dan Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78 - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 14 Agustus 2023

Desa Payaman, Gelar Kirab Budaya dan Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78


Kediri, metrojatim.com.;

Pemerintah Desa Payaman beserta Masyarakat Desa Payaman, Kecamatan Plemahan Kab Kediri menggelar kirab budaya Minggu (13/8) dalam rangka bersih desa, dan memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 78,Kegiatan tersebut rutin digelar setiap tahun. Untuk melestarikan budaya, adat, dan tradisi.


Tradisi Bersih Desa sebagai upacara adat yang memiliki makna spiritual di dalamnya, Bersih Desa juga bertujuan mengungkapkan rasa syukur kepada sang pencipta, atas hasil panen yang di dapat selama ini dan juga bertujuan untuk memohon perlindungan dari hal - hal yang negatif, serta kehidupan sehari - Hari, dan juga untuk melestarikan tradisi Budaya Jawa, dan Kirab Budaya ini bertema kan "Tempo Doeloe".



Kirab Budaya ini di ikuti seluruh elemen perangkat desa, tokoh budaya, dan masyarakat terlibat dalam acara tersebut. rangkaian acara dimulai dari Dusun sawahan, jam 13.00, mulai di berangkatkan, sebelum di berangkatkan bu Kades laporan ke pak Camat bahwa Kirab Budaya Desa Payaman siap di berangkatkan, setelah Kades laporan, Selanjutnya pak Camat memberangkatkan Kirab Budaya ini, dengan di iringi oleh group drum band, anak - anak dari MTs Miftahul Huda dari Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul. 


Selanjutnya Kirab di berangkatkan, untuk mengelilingi Desa Payaman, Sesampai di depan Kantor Kepala Desa, di atas karpet merah yang telah di siapkan oleh Panitia para peserta Kirab Budaya, harus berhenti untuk memperagakan keunikan ataupun keahlian mereka  di depan juri untuk di nilai, penilaiannya ini untuk memperebutkan Piala Kepala Desa Payaman, karena Kirab Budaya kali ini di bentuk lomba karnaval dengan memakai baju tempo dulu, peserta ini di ikuti 26  RT yang ada di desa Payaman.



Sebelum Kirab di selenggarakan, ada rangkaian acara yang di selenggarakan Desa Payaman untuk Bersih Desa ini dan menyambut HUT RI ke 78, acara ini di awali pada Hari kamis (3/8) doa bersama dan tahlil, Jumat (4/8) pagelaran tayuban, minggu (6/8) jalan sehat dan senam aerobik, selasa (8/8) Bazar dan Pentas seni, Rabu (9/8) Bazar dan electone, Kamis (10/8) Bazar dan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Eko Prisdianto dari Tulungagung, sekaligus Puncak acara dan penutupan rangkaian acara dengan di adakan Kirab Budaya, Minggu (13/8).


Setelah acara Kirab Budaya selesai, dalam wawancara, kepada wartawan, Kepala Desa Payaman Siti Eka Nurhayati, mengatakan "Bahwa Pemerintah Desa Payaman, minggu (13/8) telah melaksanakan kegiatan Kirab Budaya  dalam rangka Bersih Desa Payaman Dan sekaligus memperingati HUT RI ke 78, semua kita libatkan mulai dari Pemerintah Desa sampe ke masyarakatnya. Di Desa kami ada 26 RT, itu semua turut berpartisipasi untuk mengapresiasi kan ekspresi kreatifitasnya, dan Alhamdullilah semuanya berjalan dengan lancar," katanya. (Fran)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini