Upaya Pertahankan Budaya Leluhur Di Acara Gelar Nyadran. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 29 Agustus 2023

Upaya Pertahankan Budaya Leluhur Di Acara Gelar Nyadran.


Madiun, Metro Jatim;

Panggung budaya Seni Tradisional Jaranan Dalam rangka HUT RI Ke 78 Tahun 2023, sekaligus serangkaian dari gelar acara bersih desa atau Nyadran, Desa Nglambangan Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun sangat diminati warga masyarakat yang memadati Lapangan desa setempat, Sabtu (26/8/2023).


Gelar acara panggung budaya seni tradisional Jaranan "Suro Manggolo" dari wilayah  Kabupaten Nganjuk tersebut nampak menyerap ribuan penonton yang memadati lapangan  tempat diselenggarakannya Panggung Budaya tersebut, hal ini menunjukkan bahwa pertunjukan seni budaya tradisional masih sangat diminati warga masyarakat sebagai budaya Adi Luhung.

Hadir dalam kesempatan Tersebut Kepala Desa Nglambangan Rudy, bersama seluruh perangkat desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan segenap undangan. 


Diketahui, bahwa seni tradisional Jaranan yang ditampilkan dalam rangkaian gelar acara bersih desa atau Nyadran merupakan kelengkapan dari gelar budaya yang dianggap Sakral, dengan harapan agar seluruh warga masyarakat Desa Nglambangan bisa Aman, Tentram, dijauhkan dari balak dan dilimpahkan rejekinya Oleh Tuhan Yang Maha Esa.



Kepada awak media ini Kepala Desa Nglambangan Rudy berharap, "Semoga gelar acara seperti ini selain sebagai hiburan yang menyenangkan bagi masyarakat namun juga bisa menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat untuk tetap mencintai dan melestarikan tradisi budaya warisan Leluhur yang Adi Luhung ditengah gempuran pengaruh budaya asing,"  tutupnya. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini