Bekali Pemahaman Tentang Jurnalistik dan Kesadaran Hukum Bagi Kepsek, Disdik Kab. Kediri, Gandeng PJI Kediri Raya - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 20 Oktober 2023

Bekali Pemahaman Tentang Jurnalistik dan Kesadaran Hukum Bagi Kepsek, Disdik Kab. Kediri, Gandeng PJI Kediri Raya


Kediri, metrojatim.com.;

Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri pada Kamis (19/10/23) Bertempat di SMPN 2 Pare, menggelar  Kompetensi Jurnalistik dan Kesadaran Hukum untuk peningkatan Kompentensi Kepala Sekolah, dengan menghadirkan nara sumber dari PJI Kediri Raya


Ketua (Persatuan Jurnalis Indonesia) PJI Kediri Raya, Akhir Kristiono Amd. SH dan juga selaku Nara sumber, mengatakan, tentang UU pers dan kode etik, ini penting untuk diketahui oleh kepsek sebagai pemahaman dasar tugas-tugas seorang jurnalis/wartawan.


Kenapa ini perlu kita sampaikan. Agar kepsek dan juga masyarakat umum bisa membedakan mana wartawan yang bekerja sesuai tupoksinya. Artinya yang menaati kode etik jurnalistik atau standar etika kewartawanan, termasuk selalu memperhatikan akurasi, verifikasi, dan klarifikasi. Sesuai UU Pers No 40 Tahun 1999,” paparnya.


“Jadi ini yang harus dipahami bagaimana membedakan wartawan sesungguhnya dan wartawan yang mohon maaf dalam tanda kutip abal-abal atau wartawan kaleng-kaleng,” tandasnya.


Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Muhammad Muksin yang diwakili Kabid SMP Fadeli dan membuka acara ini mengatakan dalam kesempatan kegiatan ini antar lembaga bisa bersinergi untuk bekerjasama dalam rangka saling berbagi informasi, berbagi pengalaman sehingga nanti teman- teman Kepala Sekolah bisa mendapatkan pengetahuan tentang pers.


”Diharapkan Kepala Sekolah SMP Sekabupaten Kediri semakin kompeten, utamanya berkaitan dengan kewartawanan, jurnalistik dan lain-lain, hingga paham kita punya senjata atau modal untuk berkomunikasi dengan para jurnalis,” katanya.


Disampaikannya Kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah agar nantinya bisa bersinergi dengan teman-teman jurnalis, agar teman-teman Kepala Sekolah juga mempunyai kompetensi terkait apa itu jurnalis, bagaimana cara kerja jurnalis, dan kode etik jurnalis, dan pasal hukum berkaitan dengan UU ITE. Sehingga banyak jurnalis yang bersinergi dengan sekolah-sekolah agar tidak menjadi salah paham,” tuturnya.


Harapan ke depan, Pihak sekolah dan Jurnalis bisa bekerjasama dalam rangka untuk mengembangkan sekolah, dan oleh karena sekolah punya keterbatasan piranti, maka sebisa mungkin menyebarluaskan berita-berita yang baik di sekolah tentang prestasi ataupun tentang program- program sekolah dan lain-lain dengan bersinergi awak Media.


Kegiatan ini di hadiri oleh seluruh Kepala Sekolah SMPN se - Kabupaten Kediri, setelah menerima Penyampaian materi dari nara sumber, Kepala sekolah di Berikan ke sempatan untuk sesi Tanya jawab. (Franky)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini