Pawai Hari Santri 2023 RA Kusuma Mulia dan MI Hidayatus Shibyan Sumberejo Ngasem Kediri - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 21 Oktober 2023

Pawai Hari Santri 2023 RA Kusuma Mulia dan MI Hidayatus Shibyan Sumberejo Ngasem Kediri


Kediri, Metro Jatim;
Dalam memperingati hari Santri 2023 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2023, RA Kusuma Mulia dan MI Hidayatus Shibyan melaksanakan kirab atau pawai, Sabtu (21/10/2023). Acara ini diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari para guru, siswa-siswi MI dan RA, serta para pendamping siswa.


Pawai terlihat sangat meriah karena ada drumband yang mengiringi. Serta para peserta memakai berbagai topi hias dan membawa papan-papan tulisan yang di hias dengan indah. Para peserta sangat antusias mengikuti acara ini, dengan kompak memakai pakaian berwarna putih.


Adapun rute pawai ialah melewati area Simpang Lima Gumul dan Dusun Joho, Desa Sumberejo. Para warga sekitar juga turut menyaksikan pawai ini di sepanjang jalan. Acara berjalan dengan lancar dan tertib.



Hari Santri Nasional sendiri bertujuan menghormati peran penting para kiyai dan santri dalam melawan penjajah dalam memperjuangkan kemerdekaan dan NKRI. Sedangkan kenapa hari santri jatuh pada tanggal 22 Oktober, karena 22 Oktober dianggap sebagai langkah revolusi melawan kolonialisme Belanda, di mana ketika itu Hadratussyaikh K.H. M. Hasyim Asy'ari mengumandangkan Resolusi Jihad melawan Belanda (NICA) yang hendak kembali menjajah Indonesia. Sehingga Presiden Joko widodo mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri pada 15 Oktober 2015. Keputusan itu menetapkan 22 Oktober sebagai tanggal diperingatinya Hari Santri Nasional.
(Lnd)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini