Grup Jaranan Galuh Condro Lugito Menjadi Kesenian Pengiring Acara Larung Sesaji Dan Labuh Bumi Disungai Brantas - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Minggu, 29 Juli 2018

Grup Jaranan Galuh Condro Lugito Menjadi Kesenian Pengiring Acara Larung Sesaji Dan Labuh Bumi Disungai Brantas


Kediri, Metro Jatim;
Minggu (29/07/18) Pemerintah Kota Kediri mengadakan acara larung sesaji dan labuh bumi di sungai brantas yang dipusatkan di lokasi taman brantas, itu menjadi idola masyarakat yang dibuktikan dengan sekitar ribuan pengunjung mendatangi lokasi taman brantas sejak pagi hari, sambil menyaksikan tarian kuda lumping dari group kesenian jaranan "Galuh Condro Lugito" yang lagi naik daun, grup kesenian jaranan yang dipimpin oleh Bapak Lugito, yang beralamat di Jalan Kawi Kelurahan Mojoroto Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Acara ini, juga rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Kediri ke 1139 tahun.


Dalam sambutannya WaliKota Kediri Abdullah Abu Bakar, yang diwakili asisten pemerintahan dan kesra Drs. Mandung Sulaksono mengatakan," dengan diselenggarakannya acara larung sesaji dan labuh bumi ini semoga mampu mendongkrak pariwisata, mengangkat perekonomian warga Kota Kediri, serta menumbuh jiwa sosial budaya agar tidak punah." Acara larung sesaji ini terdapat satu hikmah bisa diambil bahwa Kota Kediri memiliki cerita sejarah yang cukup panjang dan harus dijadikan kebanggaan warganya untuk dimotivasi menuju ke arah yang lebih baik." Sebagai warga Kota Kediri, kita harus berbangga dengan budaya yang masih lestari sampai saat ini. Kami juga mendoakan agar para pedagang yang berjualan disekitar taman brantas hari ini dagangannya semua laku terjual" kata Mandung.


Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu untuk menciptakan kelancaran dan kenyamanan selama acara berlangsung, termasuk panitia hari jadi yang juga dibantu TRC BPBD, Satpol PP, Tim SAR Brimob, TNI, Polri dan tim medis diterjunkan hingga acara selesai. “Bisa dilihat bersama, acara berjalan sesuai rencana." Pungkas Mandung.


"Acara larung sesaji dan labuh bumi yang dipusatkan di taman brantas berlangsung meriah dengan diiringi group kesenian jaranan "Galuh Condro Lugito" yang menjadi group kesenian jaranan kebanggaan warga Kota Kediri, "Suhartono salah seorang pelatih group tersebut mengatakan sangat berterima kasih kepada Bapak Walikota Kediri yang sering memberikan kesempatan kepada group kami untuk tampil diacara yang menjadi kebanggan warga Kota Kediri ini. Dan bila ada warga yang mempunyai acara hajatan dan menginginkan group kesenian jaranan "Galuh Condro Lugito" untuk tampil bisa menghubungi nomor wa saya: 081335044016 pungkas "Mas Tono, panggilan akrabnya. (Roy)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini