BOJONEGORO KAMPANYEKAN "GEMARIKAN" DI DESA KARANGDAYU KECAMATAN BAURENO - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 30 November 2018

BOJONEGORO KAMPANYEKAN "GEMARIKAN" DI DESA KARANGDAYU KECAMATAN BAURENO


Bojonegoro, Metro Jatim;

Dinas  Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro kampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan(Gemarikan) guna mewujudkan generasi emas, yang juga dihadiri Bupati Bojonegoro Hj. Anna Muawanah, bertempat di lapangan Desa Karangdayu Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro, Kamis (29/11).

Bupati Bojonegoro Hj. Anna Muawanah dalam sambutannya mengatakan, pentingnya  gemarikan yang karena sudah sejak tahun 2010 dilounching Menteri Perikanan.

"Mari kita wujudkan generasi emas, dengan gemar makan ikan," tuturnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ardiyono Purwanto sampaikan 'gemarikan' merupakan gerakan moral mencetak anak-anak cerdas mewujudkan generasi emas.

"Gemarikan adalah gerakan moral guna mewujudkan anak - anak cerdas mencetak generasi emas," terangnya.

Masih Kepala Disnakkan sampaikan bahwa, "Bojonegoro sudah tidak bergantung lagi dari Kabupaten lain, dengan upaya budidaya ikan sudah bisa mencukupi sekitar 1,5 ton yang dibuktikan di Desa Karangdayu masyarakatnya  mampu Melakukan pengasapan ikan lebih dari 3 ton/hari. Ini bukti keseriusan giat Perikanan di kabupaten Bojonegoro." Tandasnya.

Sementara ketua Forikan/ketua TP PKK Bojonegoro Ny. Endah Budi Irawanto sampaikan, "Kenapa harus gemarikan?, dengan gemar makan ikan, tubuh sehat," paparnya.

Masih menurut Ny. Endah Budi Irawanto, "Karena tubuh kita butuh nutrisi, ikan adalah sumber protein tinggi, sumber asam lemah tidak jenuh, kolesterol rendah, semisal ikan gabus protein tinggi yang mengandung zat algumin." Tambahnya.

"Indonesia masih sangat kurang konsumsi ikan, mari! gemarikan (tiap hari ada ikan)." pungkas Ketua Fokarin sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro.

Sementara Kepala Desa Karangdayu Agus Romadhon selaku Pemerintahan Desa dengan didampingi Ketua TP  PKK Desa Karangdayu Ny. Agus Romadhon nampak antusias mendukung giat gemarikan ini, terbukti warga Karangdayu terkenal dengan pengasapan ikan. Hal ini merangsang dan mengajak masyarakat untuk berpola hidup mandiri dan sehat mewujudkan generasi cerdas dengan gemar makan ikan.

"Kami dukung Program Dinas Peternakan dan Perikanan  (Disnakkan) Pemkab Bojonegoro  yang 'greget' (semangat) kampanyekan Gemarikan guna mewujudkan generasi emas," ujarnya.

Acara juga dimeriahkan dengan lomba memasak ikan patin yang diikuti TP PKK Kecamatan se Kab Bojonegoro, tampil sebagai juara I Kecamatan Balen, Juara II Kecamatan Bubulan, Juara III Kecamatan Baureno, Juara Harapan I Kecamatan Dander, dan Juara Harapan II Kecamatan Kedungadem. Sementara tingkat SLTA se kabupaten bojonegoro, tampil juara I SMKN 4 Bojonegoro, Juara  II SMU N Sumberrejo, Juara III SMKN Sugihwaras.


Hingga usai, acara berjalan amandali, dihadiri Forkopimka Baureno, Kepala Desa Se Kecamatan Baureno, TP PKK Kecamatan se Kabupaten Bojonegoro, instansi-instansi terkait, giat nampak semarak karena dihibur dengan musik elekton New Aremba Desa Karangdayu serta didukung Sulthon Audio(SA), audio handal dari Desa Brangkal Kecamatan Kepohbaru - Bojonegoro. (Gik)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini