SEDEKAH BUMI DESA KESONGO KEC. KEDUNGADEM KAB. BOJONEGORO - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 27 April 2019

SEDEKAH BUMI DESA KESONGO KEC. KEDUNGADEM KAB. BOJONEGORO


Bojonegoro, Metro Jatim;
Pada hari Sabtu, 27 April 2019 masyarakat Desa Kesongo Kec. Kedungadem Kab. Bojonegoro melaksanakan kegiatan  rutin setiap tahunnya yaitu  dalam rangka sedekah bumi (bersih desa). Masyarakat ikut berpartisipasi dalam rangka kegiatan syukuran tersebut. Desa Kesongo mengadakan acara  sedekah bumi di punden/keramat dan mendatangkan KH. Safarun dari Desa Megale, Kedungadem, Bojonegoro.


Kegiatan  sedekah bumi itu dimulai dengan hajatan yang dihadiri  oleh Bapak  Kades, Polsek, Koramil dan  perangkat desa, RT, RW, Linmas dan tokoh  masyarakat, tokoh agama dan pada siang hari Sabtu tanggal  27 April 2019. Sedekah bumi pun dilaksanakan dengan pembagian hasil bumi yang sudah diolah maupun belum  diolah. Masyarakat Desa Kesongo sangat antusiasi mengikuti acara  tersebut. Pada siang dan malam harinya dipertontonkan pertunjukan Langen  Tayub Margo laras dari Bluluk Lamongan. Dengan sinden/ledek dengan Ny.Wariati dan Priati dari Desa Temayang Kab. Bojonegoro. 


Acara tersebut dilangsungkan di rumah Bapak Suto selaku Kades Desa Kesongo Kec. Kedungadem Kab. Bojonegoro pada hari Sabtu tanggal 27 April 2019. Bapak Suto dalam sambutannya mengatakan, "Sedekah  bumi ini merupakan suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia  terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi  berupa segala bentuk hasil bumi," terangnya.


Untuk informasi upacara ini sebenarnya sangat populer  di Indonesia, khususnya di Jawa. Tradisi sedekah bumi mempunyai  makna yang lebih dari itu, upacara tradisional sedekah bumi itu sudah  menjadi salah satu bagian yang sudah menyatu dengan masyarakat yang  tidak akan mampu untuk dipisahkan dari budaya jawa yang menyiratkan  symbol penjagaan terhadap kelestarian yang khas bagi masyarakat agraris maupun masyarakat khususnya yang ada di Jawa. (Gik/Hadi)



Post Top Ad

Pasang Iklan Disini