Pembangunan Talud Jalan Desa Duren Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 13 Desember 2021

Pembangunan Talud Jalan Desa Duren Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun


Madiun, Metro Jatim;

Program pembangunan talud jalan berlokasi di RT 02 RW 01 Dusun Duren 01 Desa Duren Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun dikerjakan dengan sistim swakelola, Jum'at, 10 Desember 2021.


Dengan memaksimalkan anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2021 sebesar Rp 98.466.000,- pembangunan talud Jalan dengan volume 40 m x 2.5 m dikerjakan selama 16 hari kalender kerja saat ini telah selesai pengerjaannya.


Mengingat talud jalan berfungsi untuk memperbesar tingkat kestabilan tanah, ditambah pada posisi pada bahu jalan sebelah timur terdapat aliran sungai kecil, maka pembuatan dinding penahan tanahnya lebih diperkuat agar tidak mudah longsor akibat arus sungai.


"Pemilihan lokasi talud jalan tersebut sudah berdasarkan persetujuan di forum Musyawarah Dusun (Musdus) maupun Musyawarah Desa (Musdes)  beberapa waktu lalu, hanya dalam pelaksanaan pengurukan pada posisi bahu jalan sisi timur terjadi penambahan volume tanah urug, dari 9 dumptruk menjadi 16 dumptruk untuk kecukupan areal," tutur Kepala Desa Duren Sukemi kepada awak media.


Warga masyarakat Dusun Duren 01 mengapresiasi pembangunan fisik talud, "Pasalnya kondisi jalan tersebut sebelumnya bila turun hujan terjadi erosi akibat arus sungai yang deras sehingga memakan bahu jalan, namun dengan adanya pembangunan fisik talud kondisinya jalan semakin nyaman bagi penggunanya dan kelihatan semakin rapi," tutur warga  masyarakat yang tidak mau disebut namanya.


"Semoga Anggaran Dana Desa Tahun 2022 masih bisa dikucurkan oleh pemerintah, sehingga program pembangunan di Desa Duren masih bisa bertahap dan berlanjut, menuju desa yang lebih baik dan maju," harapnya. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini