Peresmian Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Madiun - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 23 Februari 2023

Peresmian Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Madiun


Madiun, Metro Jatim;

Peresmian gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Madiun yang berlokasi di Jalan Bali Nomer 3 Kelurahan Krajan Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun telah diresmikan penggunaannya oleh Kepala Perpustakaan Pusat Nasional (Perpusnas) Muhammad Sarif Bando bersama Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S. Sos.  Rabu 22/2/2023.


Pelaksanaan acara kegiatan peresmian didahului  dengan sambutan kepada rombongan Kepala Perpustakaan Pusat Nasional Muhammad Sarif Bando dengan tarian Dongkrek dan Pesilat cilik dilanjutkan acara pemotongan tumpeng dan untaian bunga melati serta penanda tanganan Prasasti.


Gedung Layanan Perpustakaan Umum yang diresmikan ini merupakan bangunan kembar yang posisinya berhadapan dinamai Nakulo dan Sadewo, diambil dari nama tokoh pewayangan dikenal memiliki Ilmu kepandaian yang tinggi.


Turut Hadir dalam kesempatan itu Ibu Penta Dawami isteri Bupati Madiun, Ketua DPRD Kabupaten Madiun H. Fery Sudarsono bersama ketua Komisi A, Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur, Ir. Tiat S. Suwardi, M.Si., Unsur OPD, Camat Se-kabupaten Madiun, Unsur Sekolah lingkup Kabupaten Madiun, Pegiat Literasi, Pustakawan, Penulis dan Mahasiswa.


Dalam kesempatan pembacaan Laporan kepala Dinas Perpustakaan  Kabupaten Madiun, Ir. Bonifatius Eko Yunianto, M. Si. Menyampaikan " Adanya pembangunan gedung Perpustakaan ini dibangun dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022 dibidang perpustakaan dan kedepan gedung perpustakaan ini akan menjadi titik kumpul bagi talenta-talenta kreatif, sebuah tempat untuk kontekstual sharing pengalaman, meningkatkan ketrampilan hidup atau upskilling yang pada ujungnya akan meningkatkan kesejahteraan, maka sekuen kami adalah Literacy for Life, Literacy untuk kehidupan, literacy untuk Kesejahteraan dan fokus Perpustakaan kita pada bidang digital entrepreneur."  Tuturnya.


Dikesempatan yang sama Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S. Sos., dalam sambutannya mengatakan "Atas nama Pemerintah Kabupaten Madiun dan masyarakat semuanya mengucapkan rasa terima kasih kepada Pusat Perpustakaan Nasional atas fasilitasi gedung Perpustakaan Kabupaten Madiun yang bagus luar biasa dan diharapkan diikuti dengan menejemen didalamnya lebih membuming lagi bagaimana gemar membaca dan bagaimana literacy, kita bangkitkan minat baca dimasyarakat, minat baca pada anak-anak sekolah dan terima kasih juga kepada Kepala Perpustakaan Pusat Nasional Bapak Muhammad Sarif Bando yang nantinya memberikan bantuan akses untuk buku-buku digital diPerpustakaan ini sehingga koleksinya akan berimbang dengan Perpusnas, dengan kondisi  seperti itu kita sudah bisa berkordinasi kepada seluruh sekolahan untuk absen lewat Kepala Dinas Pendidikan dan Pemerintah daerah Kabupaten Madiun siap untuk menjalankan Visi misi dari Perpustakaan dan Linier dengan Perpustakaan terkait dengan tujuan Literacy."


Sementara sambutan dari Kepala Perpustakaan Pusat Nasional, Muhammad Sarif Bando mengatakan " Seperti kita ketahui bersama bahwa program bapak Presiden Joko Widodo adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), dengan demikian sudah menjadi tugas kita bersama untuk mencerdaskan masyarakat sesuai mandat UUD 1945, selain itu saat ini kita berada digempuran destruksion informasi karena itu tugas kita sangat berat untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan, Bangsa yang cerdas, sejahtera, kuat persatuannya itulah yang bisa ikut dalam percaturan global dalam perdamaian dunia ini sebagai tantangan yang kita hadapi."  Tuturnya.


Masih kata Kepala Perpustakaan Pusat Nasional, Mohammad Sarif Bando "Perpustakaan Nasional adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian, merupakan bagian perkecil dari pemerintahan pusat yang mana tugasnya tidak lepas dari mengurusi masyarakat yang termarjinalkan, dengan demikian persoalan masyarakat yang termarjinalkan menjadi tantangan bagi pemerintah dan apa persoalan yang mendasar dalam faktor-faktor penyebab kemiskinan, antara lain ada beberapa faktor penyebabnya, pertama terbatasnya akses terhadap Ilmu pengetahuan, kedua Skil, Inovasi dan kreativitas ketiga Kultur Budaya masyarakat kita yang pemalas, dengan demikian tugas Perpustakaan yang dihadirkan oleh Pemerintah Kabupaten Madiun adalah mengantarkan masyarakat untuk menjangkau apa yang tidak mungkin bisa dijangkau disekolah, juga diinformasikan betapa pentingnya mengantarkan rakyat kita berpikiran produktif sebab dalam  percaturan dunia global arah dunia itu menuju kepada satu jalan, yakni siapa yang menjadi pemenang kalau dia jadi produsen."  Ujarnya.


Gelar acara peresmian diakhiri dengan acara Talkshow peningkatan Indeks Literasi Masyarakat untuk kesejahteraan dengan Nara Sumber Dosen Universitas Negeri Sebelas Maret Agus Dwi Priyanto, Penggiat Literacy Kartika Endah Prihatin, Ketua DPRD Kabupaten Madiun H. Ferry Sudarsono dan Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S. Sos., dengan Moderator Heralda Savira sebagai Duta baca Provinsi Jawa Timur. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini